CEO Epic Games: Media Penyimpaanan Data PS5 Lebih Efisien Dibanding PC Epic Games menyatakan bahwa SSD pada PS5 adalah yang terbaik di platform lainnya. (Foto: C-srit)

PLAYSTATION 5 (PS5) merupakan perangkat game generasi terbaru besutan Sony. Selain dibekali dengan fitur-fitur menarik, desain dari PS5 juga terlihat futuristik dan berbeda dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, hal yang tidak kalah penting adalah media penyimpanan data atau solid-state drive (SSD) dari PS5 disebut-sebut lebih efisien dibandingkan yang terdapat pada personal computer (PC).

Baca juga:

Game 'Grand Theft Auto V' Dibagikan Gratis di Epic Games Store!

Melansir laman Screenrant, CEO Epic Games Tim Sweeney menjelaskan bahwa SSD pada PS5 sebenarnya lebih efisien dibandingkan yang ada di perangkat PC kelas atas. Selama ini, banyak orang hanya mengetahui bahwa PS5 akan memiliki desain yang kompatibel, mendukung resolusi 4K, dan tentunya memiliki bentuk SSD yang lebih besar mengalahkan Xbox Series X.

Sweeney juga telah mengklarifikasi bahwa Unreal Engine akan memberikan pengalaman menarik bagi kedua konsol tersebut. Namun, terdapat beberapa kendala ketika menjalankan demo pada konsol PS5 dibandingkan Xbox Series X atau gaming PC.

CEO Epic Games: Media Penyimpaanan Data PS5 Lebih Efisien Dibandingkan PC
SSD pada PS5 mampu melakukan render video dengan waktu yang cepat. (Foto: Screenrant)

“Tidak hanya yang terbaik di kelasnya, tetapi juga yang terbaik di platform manapun,” ujar Sweeney mengutip dari laman Metro.

Baca juga:

Game yang Akan Rilis untuk PlayStation 5, Dijamin Ketagihan!

Ketika ditanya atas keputusan tersebut melalui Twitter, Sweeney menanggapinya dengan singkat. Ia mengklaim bahwa PS5 sangat efisien dalam menyimpan sejumlah data besar sebagai memori video dalam format aslinya dibandingkan dengan PC. Pada dasarnya, PS5 mampu melakukan render video dengan resolusi tinggi lebih cepat dibandingkan PC lainnya.

Sweeney menggambarkan bahwa PS5 sebagai perangkat yang seimbang dengan daya GPU yang sangat besar dan dilengkapi dengan peningkatan bandwidth multi-order. Lebih lanjut, Sweeney mengatakan bahwa kinerja yang dilakukan selama ini didasari dengan pertimbangan yang rinci.

Pendapat Sweeney mungkin menimbulkan pro dan kontra. Namun, karena konsol next-gen menggunakan hardware khusus, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menyangkal klaimnya. Demo dari Unreal Engine 5 juga sangat menarik dan dapat memberikan pengalaman unik bagi para pemain. (and)

Baca juga:

Simak 18 Menit Gameplay dari Ghost of Tsushima



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH