Kamu Pihak 'Toxic' Dalam Hubungan? Coba Deh Lakukan Ini Sikap Toxic bisa dihilangkan (Foto: Pexels/Vera Arsic)

ORANG yang toxic jangan pernah kamu jadikan pasangan! Orang seperti ini bisa memberikan pengaruh buruk dalam suatu hubungan. Namun, bagaimana jika nyatanya pihak yang toxic ialah dirimu sendiri?

Jangan takut. Sudah menyadari bahwa dirimu demikian sudah menjadi tanda kamu tidak seegois atau se-toxic yang kamu bayangkan.

Baca juga:

Hati-Hati, Ini 6 Pertanda Hubungan Percintaanmu Dimanipulasi oleh Pasangan

Kabar baiknya, kamu sudah mampu jujur terhadap diri sendiri dan menyadari situasi yang ada. Artinya, kamu tidak merasa paling benar dan mau mengakui kesalahan yang telah kamu lakukan.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak bisa dibiarkan. Beberapa sikap ini harus kamu lakukan agar tidak toxic:

1. Berhenti berasumsi bahwa kamu lebih baik atau lebih buruk dari orang lain

Tak ada yang lebih baik atau buruk dalam sebuah hubungan (Foto: Pexels/luizclas)

Salah satu ciri-ciri orang yang toxic ialah adanya merasa jauh lebih baik, atau lebih buruk dari pasangan. Biasanya, kamu akan merasa jadi paling buruk setelah cemburu buta atau marah-marah terhadap pasanganmu. Buang jauh-jauh asumsi tersebut. Kamu harus menyadari bahwa pasanganmu ialah manusia biasa. Tidak ada yang lebih baik atau buruk dalam sebuah hubungan.

2. Coba luangkan waktu sendirian

Menyendirilah! (Foto: pexels/Jeswin Thomas)

Kamu merasa terlalu clingy dan selalu nempel kepada pasanganmu? Wah kamu harus hati-hati ya. Salah satu tanda orang toxic memang berperilaku co-dependency yang berlebihan. Kamu akan selalu terobsesi dengan pasanganmu. Ujung-ujungnya kamu akan mengekangnya. Jika mengalami ini, ada baiknya kamu menyendiri terlebih dulu untuk meraih kebahagiaan yang bersumber dari dirimu sendiri.

Baca juga:

Apakah Break Bisa Memperbaiki Hubungan Kamu?

3. Jujur kepada dirimu sendiri

Jujurlah bahwa kamu toxic (Foto: Pexels/Pixabay)

Untuk bisa jujur kepada diri sendiri bahwa kamu toxic, dibutuhkan kewaspadaan diri yang tinggi. Salah satu sikap toxicity ialah ada banyak layer atau lapisan diri yang belum kamu sadari. Jadi, cobalah untuk sering-sering jujur kepada dirimu sendiri. Mengakui kamu toxic artinya kamu sudah punya niat untuk memperbaiki dirimu.

4.Bertanggung jawab dan mengakui kesalahan

Akui kesalahan (Foto: Pexels/ramtin ak)

Ketika melakukan kesalahan, mulailah berjiwa besar dengan meminta maaf. Tidak dibentuk dalam semalam, perilaku toxic dibangun dalam waktu yang lama. Kurangi rasa egois dan coba ubah perilaku negatifmu.

Sahabat Merah Putih, menghilangkan sikap toxic memang susah. Tetaplah mengintrospeksi dirimu setiap harinya. (shn)

Baca juga:

Adu Argumen dengan Pasangan Bisa Perkuat Hubungan Rumah Tangga



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH