Adu Argumen dengan Pasangan Bisa Perkuat Hubungan Rumah Tangga Bertengkar ternyata baik untuk hubunganmu dan pasangan. (Foto: Pinterest/healthywomen.org)

SAAT masih muda kita selalu membayangkan hubungan rumah tangga yang sempurna dan menyenangkan. Doa-doa baik selalu dipanjatkan dengan harapan bahtera rumah tangga selalu bahagia dan terhindar dari segala masalah. Tetapi kenyataannya tidak semudah itu, rumah tangga akan selalu dibumbui dengan masalah. Tak jarang kamu dan pasangan mengalami pertengkaran hebat. Dibutuhkan komitmen yang kuat untuk mempertahankan rasa cinta di antara pasangan.

Melansir dari laman lifehack.org, pertengkaran dalam rumah tangga justru bisa memperkuat hubungan kamu dan pasangan. Kamu akan saling mengenal satu sama lain dan belajar memaafkan. Gengsi semakin lama akan semakin turun. Kuncinya adalah terus berusaha saling memahami dan mengerti bahwa dalam pernikahan dibutuhkan kerja sama. Ini alasan kenapa sering bertengkar justru membuat kamu dan pasangan semakin cinta.

Baca juga:

Dari Konsep Hak Milik hingga Setara, Transformasi Rumah Tangga dari Masa ke Masa

1. Lebih Nyaman

Adu Argumen dengan Pasangan Bisa Perkuat Hubungan Rumah Tangga
Lebih nyaman terhadap satu sama lain. (Foto: Pixabay/5688709)

Percaya atau tidak, bertengkar akan menunjukan sisi sebenarnya dari kamu dan pasangan. Sifat asli ini secara alamiah akan muncul ketika sedang berdebat. Kamu pun akan saling mengenal satu sama lain dan merasa lebih nyaman.

Tidak ada lagi yang disembunyikan. Hubungan yang transparan sudah pasti akan langgeng selamanya. Karena tidak ada perasaan yang dikhianati.

Baca juga:

Selain Selingkuh, Ini yang Jadi Penyebab Retaknya Rumah Tangga

2. Jujur

Adu Argumen dengan Pasangan Bisa Perkuat Hubungan Rumah Tangga
Terbiasa menjadi jujur. (Foto: Pixabay/sweetlouise)

Sebenarnya pertengkaran bukan semata-mata kamu melawan satu sama lain. Di setiap pertengkaran selalu ada solusi dan konklusi.

Mau tidak mau kamu harus belajar untuk selalu jujur perihal perasaan begitu juga pasanganmu. Sepanjang perjalanan rumah tangga pun akan terbiasa untuk jujur jika ada masalah atau hati yang keberatan.

3. Kesepakatan

Adu Argumen dengan Pasangan Bisa Perkuat Hubungan Rumah Tangga
Ada kesepakatan yang dicapai. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Pertengkaran ibarat diskusi untuk mencapai kesepatakan bersama. Meskipun menyakitkan hati pada akhirnya kalian berdua harus mencari jalan keluar untuk mempertahankan rumah tangga.

Lebih baik sering bertengkar daripada selalu diam tapi memendam perasaan. Karena bagaimana pun kamu dan pasangan adalah dua pribadi berbeda yang berusaha untuk menjadi satu. Ada banyak hal yang harus disepakati. (mar)

Baca juga:

Tips Aman Menghadapi Mertua 'Rese' dalam Kehidupan Pernikahan



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH