Kabar Gembira, Panda Merah Pertama Kali Lahir di Indonesia Panda merah atau Ailurus fulgens (Foto: ranger kick)

MerahPutih.Com - Pencinta panda di Tanah Air layak bergembira. Untuk pertama kalinya Panda Merah (Ailurus fulgens) lahir di Indonesia tepatnya di Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor, Jawa Barat.

Kabar kelahiran panda merah itu disampaikan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno. Wiratno menyatakan, kelahiran panda merah pertama itu disampaikan oleh Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang.

Panda merah yang masuk dalam satwa langka itu, masih belum diketahui jenis kelaminnya.

"Belum bisa tahu jenis kelaminnya, masih dijaga terus sama induknya," kata dia.

Wiratno membagikan informasi dari Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang yang menyebutkan panda merah itu lahir dari induk bernama Xing Xing (8) dan bapak bernama Bai Bai (9).

Panda merah termasuk dalam kategori satwa langka
Panda merah termasuk dalam kategori satwa langka (Foto: independent.co.uk)

Pasangan panda merah itu datang ke Indonesia pada 13 Oktober 2017 dari Guangzhou, China. Taman Safari Indonesia, menurut Jansen, melakukan upaya untuk perkembangbiakan satwa tersebut mulai dari perjodohan, pengamatan perilaku perkawinan, dan pemantauan status reproduksi induk melalui pemeriksaan ultrasonografi.

Keberhasilan perkembangbiakan itu besar artinya bagi konservasi satwa tersebut karena panda merah termasuk satwa yang dilindungi dan masuk daftar "endangered" berdasarkan IUCN Red List.

Sebagaimana dilansir Antara, populasi panda merah di alam terus mengalami penurunan karena perburuan liar, baik dalam kondisi hidup maupun mati dan hilangnya habitat.

Selain itu, banyaknya intervensi manusia dalam kawasan hutan juga memengaruhi habitat panda merah. Saat ini, menurut Jansen, bayi Ailurus fulgens yang berada dalam pengawasan perawat satwa dan dokter hewan tampak cukup aktif dan menyusu pada induknya.

"Induknya juga terlihat sayang terhadap bayinya. Semoga bayi panda merah ini sehat sampai dewasa," pungkas Jansen Manansang.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Paving Ornamen Mirip Simbol Agama, Massa Demo Balai Kota Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH