Teknologi

Kabar Baik, iPhone 6s Masih Dapat Dukungan iOS 15

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 10 Juni 2021
Kabar Baik, iPhone 6s Masih Dapat Dukungan iOS 15
Sudah berusia enam tahun. (Foto: The Verge)

APPLE baru saja mengumumkan perilisan sistem operasi terbarunya, iOS 15 di Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021, Selasa (8/6). iPhone 6s yang sudah berusia enam tahun pun menjadi perbincangan di Twitter karena akan mendapatkan pembaruan iOS 15. Padahal biasanya, iPhone yang sudah berusia lebih dari lima tahun tidak akan mendapatkan pembaruan iOS.

Kabar ini tentu mengejutkan para pengguna Apple, terlebih yang masih menggunakan iPhone 6s. Tak hanya itu, iPhone 6s Plus dan iPhone SE generasi pertama pun menjadi perangkat tertua yang menerima pembaruan OS. Para penggunanya pun merasa beruntung dengan kehadiran iOS 15 ini.

Enam tahun adalah rentan waktu yang cukup lama untuk sebuah perangkat seluler dan membuat iPhone 6s sebagai smartphone yang mendapat dukung terlama saat ini. iPhone 5s yang berusia lima tahun lebih hanya mendapatkan pembaruan terakhirnya di iOS 12 dan tidak memenuhi syarat untuk iOS 13.

Baca juga:

Rumornya iPhone 6s dan iPhone SE Tidak Mendukung iOS 15


Yang pasti, ada banyak fitur baru yang tidak akan bekerja dengan prosesor A9 Bionic di iPhone 6s. Ada fitur Google Lense-esque Visual Lookup, Live Text di foto, mode potret di FaceTime, dan petunjuk arah di Maps. Beberapa fitur tersebut hanya akan bekerja di prosesor A12 Bionic seperti di iPhone XS atau lebih baru.

Mengutip The Verge, apa yang mungkin menjadi masalah besar adalah kapasitas baterai di iPhone 6s yang buruk. Fitur seperti Widget juga tampaknya sulit dioperasikan di layar 4,7 inci tersebut. Ini bukan masalah kompabilitas yang tak terhindarkan, tetapi lebih kepada kinerja perangkat yang tidak mendukung.

Tapi para pengguna iPhone 6s tidak perlu khawatir. Kamu masih akan mendapatkan pembaruan seperti ringkasan pemberitahuan, mode Fokus untuk meminimalisasi gangguan, berbagai video dan musik di FaceTime, dan fitur privasi yang lebih aman.

Baca juga:

FOCUS, Fitur iOS 15 untuk Mute Notifikasi dari Bos

Kabar Baik, iPhone 6s Masih Dapat Dukungan iOS 15
Beberapa fitur baru di iOS 15. (Foto: PhonesWiki)


Berikut adalah perangkat yang mendapat dukungan iOS 15:

iPod touch (generasi ketujuh)

iPhone SE (generasi pertama)

iPhone 6s

iPhone 6s Plus

iPhone 7

iPhone7 Plus

iPhone 8

iPhone 8 Plus

iPhone X

iPhone XR

iPhone XS

iPhone XS Max

iPhone SE (generasi kedua)

iPhone 11

iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro Max

iPhone 12 Mini

iPhone 12

iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro Max

(and)

Baca juga:

Hadirkan Fitur Baru, Begini Cara Update iOS 14 dan iPadOS 14

#IOS #Teknologi #IPhone
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan