Teknologi

FOCUS, Fitur iOS 15 untuk Mute Notifikasi dari Bos

annehsannehs - Rabu, 09 Juni 2021
FOCUS, Fitur iOS 15 untuk Mute Notifikasi dari Bos
iOS 15. (Foto: Mac Rumors)

TERLALU sering bekerja dan lembur? Mulai lelah dan parno dengan notifikasi telepon dan e-mail dari pekerjaan? Jangan khawatir. Apple baru saja merilis fitur terbaru yang mencegah kamu untuk mendapatkan notifikasi pekerjaan yang datang saat larut malam.

Dilansir dari Mirror, Apple baru saja merilis pembaharuan iOS 15, dan salah satu fiturnya adalah untuk mem-block e-mail dan panggilan dari bos kamu diluar jam kerja. Fitur terbaru ini akan membiarkan pengguna untuk mute atau membungkam notifikasi dari beberapa orang melalui beberapa aplikasi melalui pengaturan "FOCUS" pada perangkat Apple kamu.

Tambahkan fitur Focus untuk membuat waktu istirahat lebih berkualitas. (Foto Apple)
Tambahkan fitur Focus untuk membuat waktu istirahat lebih berkualitas. (Foto: Apple)

Jika rekan kerja atau bos kamu menggunakan iPhone dan berinteraksi denganmu melalui iMessage, mereka juga akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kamu sedang mengaktifkan fitur FOCUS ketika mereka hendak mengirimkan pesan kepadamu.

FOCUS bisa diaktifkan pada beberapa waktu dalam satu hari untuk mencegah kamu bekerja berlebihan atau overwork. Tidak hanya diberlakukan berdasarkan waktu saja, tetapi juga pada tempat tertentu. Fitur FOCUS dikabarkan membungkam beberapa notifikasi berdasarkan lokasi. Contohnya, kamu bisa mengatur untuk mematikan segala notifikasi kerjaan ketika kamu sampai di rumah atau ketika berada di gym.

Baca juga:

iOS 14 Mampu Tangkap Mata-Mata

Meski begitu, rekan kerja dan bos kamu sebenarnya masih bisa menghubungimu, tetapi kamu tidak akan mendapatkan notifikasinya.

iOS 15 akan rilis tahun ini. (Foto- The Verge)
iOS 15 akan rilis tahun ini. (Foto: The Verge)

FOCUS dianggap sebagai fitur yang lebih canggih daripada fitur DO NOT DISTURB yang sudah tersedia dari iOS 14. Dalam fitur DO NOT DISTURB, iPhone akan membungkam semua panggilan dan notifikasi. Sedangkan fitur FOCUS lebih terbuka pada kustomisasi pemberi panggilan dan e-mail, sehingga kamu bisa menghindari beberapa orang selama beberapa waktu.

Baca juga:

4 Fitur iOS 14 Ini Sudah Ada di Android Lebih Dulu

"Saran (fitur) FOCUS didasarkan pada konteks pengguna, seperti selama jam kerja atau ketika mereka ingin istirahat dan tidur. Ketika FOCUS diatur pada satu perangkat Apple, maka akan berlaku untuk perangkat Apple yang lain secara otomatis," jelas Apple.

Focus. (Foto Apple Insider)
Focus. (Foto Apple Insider)

Update-an mengenai iOS 15 ini diumumkan pada World Wide Developer Conference (WWDC) pada Senin, (7/6) lalu. Apple telah mengonfirmasi bahwa fitur ini akan hadir pada iOS 15 yang akan dirilis tahun ini. (shn)

Baca juga:

iOS 14.5 Resmi Rilis, Intip Fitur Barunya

#Teknologi #IOS #IPhone
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan