Ramadan Runway 2023

Juarai IFPC, Hanjani Azlia siap 'Uncover Nusantara’s Story'

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 01 Mei 2023
Juarai IFPC, Hanjani Azlia siap 'Uncover Nusantara’s Story'
Kurantaka memiliki visi untuk “Uncover Nusantara’s Story”. (Foto: merahputih.com/Ronggo)

MATANYA membelalak dan mulutnya menganga, tidak ada senyum bertengger di bibirnya. Hanjani Azlia terlalu terkejut untuk memikirkan ekspresinya saat itu. Yang ia tahu, ia berhasil memenangi Indonesia Fashion Preneur Competition (IFPC), yang menjadi bagian dari rangkaian acara Ramadan Runway di Mal Kota Kasablanka, Minggu (30/4).

“Jujur gak nyangka banget, tapi aku sebenarnya senang karena artinya aku punya kesempatan untuk ikut kelas (IFPC),” tutur Azlia selaku art director jenama fesyen Kurantaka asal Bogor.

Baca Juga:

Closing Ramadan Runway 2023 Raih Omzet Miliaran Rupiah

Tidak mudah untuk Azlia bisa berdiri di atas panggung memegang sertifikat juara. Ia harus melalui tahap seleksi 60 jenama dari berbagai daerah yang kemudian disaring lagi menjadi 10 jenama teratas.

Azlia perlu melakukan presentasi dan menjadikan idenya sebagai busana nyata yang sesuai dengan tema IFPC yaitu “Flamboyant Glitch”. Untungnya, temanya senada dengan citra jenama Kurantaka yaitu eksentrik. Ia mengaku tidak perlu memerlukan waktu lama untuk brainstorming konsep keseluruhan busana yang akan ditampilkan.

Azlia berharap dapat berkolaborasi dengan komunitas lokal. (Foto: merahputih.com/Ronggo)

“Sebenarnya, waktunya deadline-nya mepet. Aku dan partner aku, Alika Raissa sebagai creative director, brainstorming moodboard-nya secara intens sampai aku puas itu tiga hari. Sudah ada keywords desainnya harus seperti apa. Jadi, kita tinggal masukin ide, terus sketch, dan akhirnya setuju ambil desain yang ini dan ini,” cerita Azlia kepada Merah Putih.

Hasil brainstorming yang dilakukan keduanya menghasilkan ide koleksi Serpentine Dance: The Ever-Changing mengambil inspirasi dari keindahan pulau Dewata yang kerap dijadikan tempat healing anak muda. Azlia menyoroti keempat siklus bunga yang bermekaran di Bali yang diimplementasikan ke dalam busana rancangannya.

Baca Juga:

'Dazzling Mubarak' Ramadan Runway 2023 Usung Warna-Warna Cerah untuk Idul Fitri

“Koleksi kita terinspirasi dari keindahan pulau Bali yang suka dijadikan tempat healing dan untuk mencari jati diri seseorang. Ada satu koleksi kita kembangkan berdasarkan siklus bunga, ada yang meluruh, bersari, bersemi, dan merekah yang kalau divisualisasi menjadi kuncup mekar, begitu seterusnya.”

Hanjani Azlia menerapkan empat siklus bunga ke dalam desainnya. (Foto: merahputih.com/Ronggo)

Tentunya untuk dapat merancang ide sedemikian rupa diperlukan juga bahan kain yang mendukung agar sesuai ekspektasi. “Kita juga sambil coba cari bahan yang cocok karena nanti sudah pengen desain kayak gini, tapi kalau gak ada yang cocok juga kan ribet. Kita buat ilustrasinya, kita buat technical drawing-nya, dan terakhir kita jahit.”

“Bahannya yang dipilih kebanyakan pakai katun dan untuk aksennya iridescent kita pakai kain taffeta serta detil-detil pemanisnya itu pakai plisket.”

Meski sudah berhasil merancang busana yang bukan hanya menarik mata, melainkan juga memiliki nilai bisnis berpeluang besar, Azlia menganggap ini sebagai permulaannya berkarya.

Sesuai dengan visi dan misi dari Kurantaka, Azlia memiliki semangat untuk Uncover Nusantara’s Story kepada publik melalui kemenangannya di IFPC. Ia juga berharap dapat berkolaborasi dengan komunitas lokal, baik itu pengrajin maupun nonpengrajin. (kmp)

Baca Juga:

Keseruan Akhir Pekan di Ramadan Runway 2023

#Fashion #Ramadan Runway 2023 #Mei Sebangsa Angkat Piala
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan