Jenazah Protap COVID-19 Terus Bertambah, TPU Pondok Ranggon Diperluas Petugas pemakaman mengali pusara untuk pemakaman jenazah pasien terpapar COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Jumat (10/7/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Merahputih.com - Dinas Bina Marga DKI Jakarta memperluas lahan Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Perluasan merupakan permintaan Gubernur Anies Baswedan, karena jenazah yang dimakamkan dengan protokol COVID-19 terus bertambah.

"Kami diberi tugas tambahan sama pak Gubernur untuk membantu pematangan lahan jenazah COVID-19," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho di Jakarta, Senin (28/9).

Baca Juga

Jokowi Minta Masyarakat Waspadai Tiga Klaster Baru COVID-19

Perluasan TPU Pondok Ranggon dilakukan selama dua bulan dan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, Dinas Bina Marga membuka lahan hingga 7.141 meter persegi (m²).

Sedangkan pada tahap kedua ada sebanyak 6.150 meter persegi lahan yang diperluas. "Kurang lebih 13.291 meter persegi dari TPU Pondok Ranggon," papar Hari.

Petugas pemakaman jenazah pasien COVID-19 menurunkan peti jenazah ke dalam pusara di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Jumat (10/7/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Dalam proses perluasan lahan ini, pihaknya mengerahkan sejumlah alat berat seperti Dozer, Backhoe, dan Jetting. Selain itu, kata Hari, sebanyak delapan orang personel terlibat dalam pembukaan lahan ini.

"Empat operator dan empat PJLP pembantu," ungkapnya.

Baca Juga

DPRD DKI Sahkan Perda APBD 2019

Hari menyampaikan, tahap awal perluasan Dinas Bina Marga mengerahkan 12 truk untuk memperbaiki kontur tanah dengan menggunakan puing.

"Yang pertama hampir 12 truk karena ada pematangan jalan menuju menggunakan puing dan scrap," tutup Hari. (Asp)

Kredit : asropihs


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH