Jangan Tidur Tengkurap, Ini Akibatnya Tidur tengkurap membuat tubuh kamu sakit-sakit (Foto: Pexels/Pixabay)

POSISI tidur setiap orang bisa beragam. Ada yang terlentang, miring, hingga tengkurap. Untuk posisi tengkurap sendiri biasanya sering menjadi posisi favorit. Apalagi jika sudah kelelahan banget. Rasanya ingin langsung pergi ke atas ranjang dan tidur sambil tengkurap.

Nah, bagi kamu yang suka tidur tengkurap, jangan sering-sering lagi deh. Karena menurut Go Dok, tidur tengkurap bisa berdampak terhadap kesehatan kamu.

1. Berbahaya bagi punggung dan tulang belakang

Kamu bisa terbangun di malam hari (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Tidur tengkurap membuat punggung dan tulang belakang kamu nyeri. Karena rasa nyeri ini kamu pun akan gampang terbangun di malam hari. Hasilnya, tidur kamu jadi enggak berkualitas. Keesokan paginya mata kamu tetap merasa ngantuk dan tubuh tetap lelah.

Melansir Mayo Clinic, tidur tengkurap membuat bagian tulang belakang dan punggung kamu menjadi tegang. Karena sebagian besar berat badan kamu terletak di bagian tengah tubuh. Bahaya tidur tengkurap lainnya yang akan kamu rasakan ialah sensasi geli, kesemutan, dan kekakuan pada beberapa bagian tubuh ketika terbangun.

2. Bahaya bagi area leher

Sakit leher susah banget sembuh (Foto: Pexels/Pixabay)

Tidur tengkurap juga dapat menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada area leher. Dengan posisi tengkurap, otomatis kamu harus memiringkan kepala ke kanan atau kiri agar bisa bernafas. Hal ini menyebabkan leher kamu terpelintir ke salah satu sisi, serta menempatkan tulang belakang dan kepala dalam posisi yang tidak sesuai.

Selain itu, posisi tidur tengkurap bisa membuat kamu mengalami gangguan leher yang disebut herniated disk. Kondisi ini muncul saat saraf tulang belakang bergeser hingga menyebabkan pecahnya gelatin di dalam, yang akan mengiritasi saraf. Kondisi ini sangat menyakitkan dan susah banget untuk sembuh.

3. Sangat berbahaya untuk ibu hamil

Posisi tidur miring baik untuk ibu hamil (Foto: Pexels/Negative Space)

Tidur saat hamil artinya akan berdampak kepada dua orang, yaitu sang ibu dan si calon bayi di dalam kandungan. Tentu saja tidur tengkurap membuat ibu hamil dan calon bayi enggak mendapatkan tidur berkualitas. Sebab tidur tengkurap menambahkan tekanan pada tulang punggung.

Menurut studi yang dilakukan tahun 2012 posisi tidur terbaik untuk ibu hamil ialah menyamping. Posisi ini akan memperlancar peredaran darah dan menyediakan level oksigen secara optimal bagi bayi di dalam kandungan. Sebaliknya, saat tidur tengkurap, peredaran darah tidak berjalan lancar dan asupan oksigen untuk bayi menjadi berkurang.

Nah, sahabat Merah Putih jangan sering-sering tidur tengkurap lagi ya! (ikh)

Baca juga: Buru-Buru Melancong Kalau Kamu Susah Tidur

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH