Buru-Buru Melancong Kalau Kamu Susah Tidur Karena setres kamu akan banyak pikiran dan mengganggu waktu tidur kamu (Foto: Pixabay/caio-triana)

GANGGUAN tidur memang menjadi masalah yang cukup umum. Kamu sulit terlelap di malam hari. Sebaliknya saat siang hari yang harusnya produktif mata kamu malah susah diajak kompromi. Kondisi ini tentu mengganggu aktivitas harian kamu.

Biasanya susah tidur disebabkan karena kamu sedang banyak pikiran alias setres. Masalah-masalah yang terkumpul di otak kamu membuat kamu banyak mikir terus. Sampai-sampai di waktu tidur malam kamu pun tetap memikirkan masalah itu.

Namun, mungkin saja kamu tidak pernah menyangka kalau gangguan tidur kamu itu bisa disebabkan karena kurang wisata atau melancong. Ya, benar sekali, seperti yang dilansir laman Travel Leisure, ketika kamu mulai merasa sulit tidur, tandanya diri kamu benar-benar butuh refreshing. Melancong ialah solusinya.

Tenangkan pikiran dengan melihat pemandangan alam saat melancong (Foto: Pixabay/StockSnap)

Masalah tidur ini juga lebih sering dialami oleh para milenial. American Psychological Association melaporkan bahwa sepertiga milenial tidak mendapatkan delapan jam tidur yang direkomendasikan setiap malam karena mereka tidak punya waktu. Sementara sepertiga lainnya tidak dapat tertidur karena terlalu banyak pikiran.

Apalagi bagi kamu yang mungkin sudah berkeluarga. Kamu memiliki banyak beban pikiran. Penghasilan yang kamu miliki tidak hanya untuk kamu sendiri. Melainkan untuk menghidupi anggota keluarga lainnya. Hal itu membuat kamu harus berpikir keras untuk membagi penghasilan kamu dengan keperluan lainnya.

Apalagi bagi kamu yang sudah bekerja. Rasa setres ini berawal dari pekerjaan kantor. Ketika kamu merasa cemas atau kewalahan di tempat kerja, otak kamu melepaskan hormon stres sebagai respon untuk melawan apapun yang menyebabkan stres.

Setres menyebabkan berbagai macam penyakit (Foto: Pixabay/Mojpe)

Seiring waktu, konsekuensi fisiologis yang kurang jinak dari reaksi kimia ini akan membuat peningkatan denyut nadi, tekanan darah, berkeringat, dan dapat menyebabkan gejala yang lebih berat seperti nyeri dada, sakit punggung, ketegangan mata, sakit kepala, masalah gastrointestinal, pusing, hingga pingsan.

Keletihan yang datang dengan beban kerja yang berat juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu dan membuat lebih rentan terhadap virus flu dan infeksi. Jadi setres dapat berdampak buruk terhadap kesehatan fisik kamu.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk melancong. Tidak perlu yang lokasinya jauh. Yang penting berkualitas. Buat otak kamu beristirahat dengan melihat pemandangan alam di luar sana. Pokoknya istirahat dulu ya Sahabat Merah Putih! (ikh)

Baca juga: Melancong Bikin Panjang Umur, ini Bukti Ilmiahnya

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH