Kecantikan
Jangan Abaikan, Kecantikan Kulit di Sekitar Mata Kulit sekitar mata tidak memiliki banyak kelenjar minyak dan kolagen jadi lebih cepat kendur. (freepik/kroshka__nastya)

MATA ialah jendela hati. Ketika kamu tidak cukup tidur, jika terlalu banyak menonton, atau seberapa banyak kamu telah tertawa sepanjang hidup, semua tampak pada matamu.

Hal ini disebabkan kulit di sekitar mata merupakan bagian tertipis di wajah, sehingga lebih rentan terhadap iritasi, kekeringan, dan kerusakan kulit yang dapat berkontribusi pada kemunculan garis-garis penuaan.

Selain itu, karena tidak memiliki banyak kelenjar minyak dan kolagen seperti bagian wajah dan tubuh lain, kulit di sekitar area mata jadi lebih cepat mengalami penurunan dan kendur. Demikian menurut sebuah penelitian Advanced Biomedical Research pada 2015.

BACA JUGA:

Kandungan Kosmetik yang Mampu Mengatasi Kantung Mata

“Saat merawat masalah kulit di sekitar mata, penting untuk mendiagnosis dengan tepat apa masalahnya untuk mendapatkan perawatan terbaik dan hasil terbaik,” kata direktur penelitian kosmetik dan klinis bidang dermatologi Joshua Zeichner, MD di Mount Sinai Hospital, New York, AS.

kecantikan kulit
Kerutan horizontal yang terbentuk di sudut luar mata terjadi akibat senyum dan tertawa. (freepik/wayhomestudio)

Untungnya, ada banyak sekali produk yang bisa dipilih untuk perawatan kulit mata, termasuk serum, krim, dan minyak. Jika kamu belum pernah menggunakan produk tersebut, jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk memulai, dan tips profesional ini akan mengarahkan kamu pada solusi terbaik sesuai kebutuhan.

Melembutkan garis halus dan kerut

kecantikan kulit
Penyebab utama dalam menciptakan lingkaran hitam ialah kelebihan pigmen di kulit. (freepik/freepik)

Kerut merupakan ciri kehidupan yang bahagia. Kerutan horizontal yang terbentuk di sudut luar mata sebagian besar merupakan hasil dari gerakan otot yang terjadi saat kita tersenyum dan tertawa. Jika kamu ingin melembutkan kerutan tersebut, produk retinoid bisa sangat membantu.

Dokter kulit bersertifikat Ranella Hirsch, MD di Cambridge mengatakan, retinoid dapat memicu produksi kolagen di dalam kulit untuk membantu menghaluskan beberapa kerutan. Retinoid dengan resep dokter seperti krim tretinoin 0,025 persen bisa sangat efektif.

Untuk mengobati garis-garis halus di bawah mata, kamu dapat mencoba krim mata yang dijual bebas dengan kandungan retinol yang lebih rendah. Jika kamu menggunakan retinoid resep atau versi lain, mulailah dengan menepuk titik kecil satu malam dalam seminggu dan secara bertahap ditingkatkan hingga lebih banyak penggunaan untuk membatasi kekeringan dan iritasi. Jika kulitmu tidak dapat mentolerir retinoid, pertimbangkan krim mata dengan kandungan peptida yang juga dapat merangsang kolagen.

BACA JUGA:

Efektif Menyamarkan Kerutan Mata, Begini Caranya!

Memudarkan lingkaran hitam

kecantikan kulit
Untuk memperbaiki mata bengkak, segera oleskan krim mata yang mengandung kafein. (freepik/freepik)

Kurang tidur dapat membuat lingkaran hitam tampak lebih buruk, tetapi biasanya bukan itu penyebab utamanya. "Penyebab utama dalam menciptakan lingkaran hitam adalah kelebihan pigmen di kulit dan lekukan di sekitar mata yang terjadi seiring bertambahnya usia," kata Zeichner.

Untuk menentukan jenis lingkaran hitam yang kamu miliki, berdirilah di depan cermin dalam cahaya terang. “Dengan lembut cubit sedikit kulit gelap dan tarik sedikit ke depan. Jika kulit masih gelap, itu menandakan pigmen berlebih. Jika warna kulit terlihat normal, maka lekukan di sekitar matamu menciptakan bayangan,” sarannya.

Untuk lingkaran hitam yang disebabkan oleh pigmentasi, Zeichner menyarankan krim mata dengan vitamin C, yang membantu mengurangi produksi melanin kulit (alias pigmen). Pilih formula dalam tabung atau botol pompa daripada stoples untuk menjaga potensi bahan, dan gunakan setiap hari.

“Pikirkan vitamin C seperti olahraga. Kamu harus konsisten dan terus melakukannya selama beberapa bulan untuk melihat hasilnya,” katanya.

Mata cekung adalah masalah berbeda yang terjadi ketika lemak di bawah kulit di palung air mata (area antara kelopak mata bawah dan pipi atas) berkurang seiring bertambahnya usia, membuat cekungan tampak lebih dalam dan lebih gelap. “Krim mata yang kaya akan asam hialuronat dapat membantu mengencangkan kulit,” Zeichner menjelaskan.

Kurangi mata bengkakTidur dalam keadaan mabuk atau meneteskan air mata dapat membuat kamu mengalami mata bengkak. Namun, mata bengkak yang kronis sering kali disebabkan oleh alergi. Jika kamu menderita alergi musiman, antihistamin dapat membantu mengganggu jalur yang memicu bengkak, asal kamu menggunakannya dengan cara yang benar.

“Kamu tidak ingin menunggu sampai memiliki gejala untuk memulainya. Idealnya kamu ingin minum antihistamin setiap hari selama dua minggu sebelum pemicu alergi melonjak sehingga terhindar dari alergi,” kata Hirsch.

Jika kamu memiliki alergi debu dan bulu, Hirsch merekomendasikan untuk membeli sarung bantal pelindung alergi, "Ini dapat mencegah alergen rumah tangga menempel di bantalmu, yang dapat membuat perbedaan yang berarti dengan menghilangkan paparan yang terlalu lama saat kamu tidur."

Jika mata bengkak sudah terjadi, untuk memperbaikinya segera oleskan krim mata yang mengandung kafein, yang merupakan anti-inflamasi yang membantu menyempitkan pembuluh darah untuk membuang kelebihan cairan di bawah kulit.

Kamu juga dapat menggunakan penutup mata penghilang bengkak yang populer atau mencoba kompres dingin pada mata. Suhu dingin juga menyempitkan pembuluh darah. “Jika kamu rentan terhadap bengkak, menggunakan krim mata retinol setiap hari akan membantu mengencangkan kulit sehingga pembengkakan tidak terlalu terlihat,” deikian Zeichner.(aru)

BACA JUGA:

Cara Alami Menghilangkan Mata Panda dengan Yoghurt dan Madu

Kesalahan dalam Menerapkan Airbrush Makeup
Fun
Mengenal Lebih Jauh Tentang Baby Botox
Fun
Sunscreen dan Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama
Fun
Kesalahan dalam Menerapkan Airbrush Makeup
Fun
Mengenal Lebih Jauh Tentang Baby Botox
Fun
Sunscreen dan Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Butterfly Pea, si Biru nan Kaya Antioksidan
Hiburan & Gaya Hidup
Butterfly Pea, si Biru nan Kaya Antioksidan

Di Indonesia dikenal dengan nama bunga telang.

Rilis EP ‘Jackpot’, Tabraklari Ceritakan Fenomena Permainan Slot
ShowBiz
Rilis EP ‘Jackpot’, Tabraklari Ceritakan Fenomena Permainan Slot

Pergerakan Tabraklari semakin mendapat momentum.

Goodyear Indonesia Rilis Ban Baru
Fun
Goodyear Indonesia Rilis Ban Baru

Ban ini berjenis LTR (light truck radial) yang diklaim memiliki ketahanan tinggi serta masa pakai yang lama.

Jaga Kesehatan Pencernaan saat Melancong
Fun
Jaga Kesehatan Pencernaan saat Melancong

melancong berpotensi mengganggu sistem pencernaan.

Spoon Sports Hadirkan Part Modifikasi untuk All New Honda Civic RS
Fun
Spoon Sports Hadirkan Part Modifikasi untuk All New Honda Civic RS

Spoon Sports mengumumkan sudah membuat beberapa part upgrade untuk All New Honda Civic RS

Dr. Oky Pratama Beberkan Bahaya Dibalik Filler Payudara
Fun
Dr. Oky Pratama Beberkan Bahaya Dibalik Filler Payudara

dr. Oky Pratama menjelaskan, bahwa filler payudara merupakan tindakan yang terlarang

Kelom Geulis, Sandal Kayu dari Tasikmalaya yang Mendunia
Tradisi
Kelom Geulis, Sandal Kayu dari Tasikmalaya yang Mendunia

Kelom geulis adalah sandal yang terbuat dari kayu dan biasanya digunakan oleh perempuan supaya lebih anggun atau cantik (geulis).

Pentingnya Literasi Digital untuk Cegah Kejahatan
Fun
Pentingnya Literasi Digital untuk Cegah Kejahatan

Kuasai literasi digital agar tidak mudah menjadi korban kejahatan digital.

Ratu Badass, inilah Momen Jessi Dobrak Norma-Norma di Korea
ShowBiz
Ratu Badass, inilah Momen Jessi Dobrak Norma-Norma di Korea

Mulai dari menentukan standar kecantikan versinya hingga kencan.

World of Den-On-Bu, Proyek NFT Terbaru Garapan Bandai Namco
Fun
World of Den-On-Bu, Proyek NFT Terbaru Garapan Bandai Namco

Berbasis blockchain dengan tema yang terinspirasi dari perusahaan Gaudiy.