Efektif Menyamarkan Kerutan Mata, Begini Caranya! Samarkan kerutan mata dengan bahan alami (Foto: Pexels/Petra Bauman)

TIMBULNYA garis kerutan mata menandakan penuaan kulit yang mengganggu penampilan hingga menurunkan percaya diri. Garis kerutan bawah mata tidak mengenal usia. Kemunculan kerutan kulit bawah mata ini disebabkan beberapa faktor. Biasanya, kerutan mata dikarenakan faktor usia. Tak jarang juga diakibatkan paparan sinar matahari, ekspresi berlebih, perokok aktif, polusi udara.

Namun, bagaimana kalau timbul tanda-tanda penuaan dini? Lakukan cara berikut ini untuk menyamarkan kerutan bawah matamu seperti rekomendasi situs alodokter.

Baca juga:

Biar enggak bingung, Kenali Dulu nih Istilah dalam Dunia Kecantikan

1. Kompres dengan bahan alami

Efektif Menyamarkan Kerutan Mata, Begini Caranya!
Bahan-bahan alami bisa mengurangi kerutan bawah mata (Foto: Pexels/Breakingpic)

Untuk mengurangi kerutan mata, bisa kamu lakukan dengan beberapa cara alami. Salah satunya mengompres dengan olahan bahan alami seperti sayuran ataupun buah-buahan.

Bahan alami yang efektif untuk menghilangkan garis kerutan mata adalah daun min, jeruk nipis, putih telur, pisang, nanas, ikan ataupun kedelai. Umumnya, bahan-bahan alami ini mampu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, meningkatkan kelembaban dan mencegah penuaan dini.

Caranya sangat mudah, kamu bisa kombinasikan daun min dan perasan jeruk nipis dengan mengompresnya selama 15 hingga 20 menit. Olahan lainnya juga bisa dijadikan sebagai masker. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Mengonsumsi obat-obatan

Efektif Menyamarkan Kerutan Mata, Begini Caranya!
Gunakan krim anti kerutan untuk menyamarkan garis bawah mata (Foto: Pexels/Burst)

Garis kerutan bawah mata biasa terjadi dikarenakan faktor usia. Semakin bertambah usia, kulitmu perlahan kehilangan elastisitas sehingga muncul kerutan dini.

Untuk menghilangkan garis kerutan bawah mata bisa dihalau dengan menggunakan krim anti penuaan secara rutin. Ketahui komposisi yang tepat saat memakai krim anti kerut ini.

Biasanya, kandungan retinoid, peptida, vitamin C, coenzyme Q10 dan juga asam hialuronat sangat baik untuk mengurangi kerutan di bawah matamu. Krim anti kerutan ini bisa kamu dapatkan dengan ataupun tanpa resep dokter.

Baca juga:

Ritual Kecantikan Aneh dan Jarang Dibahas Ini Ternyata Paling Sering Dilakukan Perempuan

3. Memaksimalkan perawatan prosedur kosmetik

Efektif Menyamarkan Kerutan Mata, Begini Caranya!
Cara cepat menghilangkan kerutan dengan suntik wajah (Foto: Pexels/Pixabay)

Bermunculan perawatan wajah secara cepat yang efektif dilakukan. Salah satunya dengan melakukan suntikan botulinum toxin atau dikenal dengan suntik botoks. Perawatan ini bisa melemahkan otot-otot yang menjadi penyebab keriput ataupun garis kerutan pada kulit.

Alternatif lainnya bisa kamu lakukan dengan melakukan perawatan chemical peels. Metode perawatan ini bisa membuang sel kulit mati akibat penumpukkan bahan kimia sehingga merangsang produksi sel baru.

Tak hanya chemical peels, kamu juga bisa menggunakan laser untuk merangsang pertumbuhan kolagen dan suntik filler dengan mengisi jaringan kulit.

4. Atur pola hidup sehat

Efektif Menyamarkan Kerutan Mata, Begini Caranya!
Atur pola hidup sehat sejak dini (Foto: Pexels/Rawpixel)

Kebanyakan, garis kerutan bawah mata muncul akibat pola hidup yang tidak bersih ataupun tidak sehat. Untuk itu diperlukan kesadaran diri dalam memprioritaskan pola hidup yang sehat seperti mengurangi rokok, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatur jam istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi dan memposisikan tidur yang tepat. Menerapkan pola hidup yang sehat bisa meningkatkan elastisitas kulit, melawan radikal bebas dan memproduksi kolagen. (dys)

Baca juga:

Rahasia Kecantikan ala Ibu yang Patut Ditiru



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH