Jalan-Jalan Beda di Bagian Lain Jepang Wisata Jepang juga bisa dinikmati dalam atmosfer religius. (foto: pixabay/miriammichelle)

KALAU selama ini kamu hanya tahu Tokyo, Osaka, dan Kyoto sebagai destinasi utama saat ke Jepang, kini arahkan destinasimu ke bagian lain 'Negeri Sakura' tersebut. Tepatnya di Semenanjung Kunisaki. Semenanjung indah ini terletak di ujung barat laut Jepang di Pulau Kyushu.

Seperti dilansir Antara, selama beberapa abad, Semenanjung Kunisaki merupakan pusat agama kuno yang merupakan gabungan Shinto dan Budda, Shugendo. Hal itulah yang membuat kawasan ini dipenuhi kuil-kuil dan tempat suci. Benar-benar mengingatkan pada religiusitas masa lalu.

BACA JUGA: 4 Destinasi Wisata Parepare, Kampung Halamannya BJ Habibie

Buat kamu yang berwisata ke kawasan ini, Semenanjung Kunisaki ramah dinikmati dengan berjalan kaki. Seperti disarankan Walk Japan, berikut wisata yang bisa kamu kunjungan di Semenanjung Kunisaki.

1. Kunisaki dan Yufuin

kunissaki, jepang
Banyak kuil lama yang bisa dijelajah. (foto: Instagram @japanguidecom)

Sebagai kawasan yang beratmosfer religius, jejak biarawan jadi daya tarik di wilayah ini. Kamu bisa melakukan tapak tilas perjalanan mereka 1.200 tahun lalu.

Perjalanan dimulai dari Stasiun Hakata di Fukuoka dna brakhir di Yufuin. Selama perjalanan, kamu akan melihat hutan hijau nan asri. Patung Buddha berjejer hingga gua tempat biksu berteduh dan bertapa.

Dalam perjalanan lima hari empat malam itu, jangan lewatkan juga mengunjungi kuil besar Usa Jingu. Nikmati Desa Tashibu serta sambangi Itsutsuji-Fudo.

2. Kunisaki Retreat

soba mi
Ikuti kelas belajar membuat mi soba. (foto: Instagram @beppu_toriten15)

Kalau punya waktu liburan yang panjang, habiskan tujuh hari untuk menjelajah berbagai destinasi besejarah di semenanjung ini dengan cara berjalan santai. Karena tak terburu waktu, kamu bisa berinteraksi dengan penduduk sekitar.

Cobain juga yoga, meditasi, dan jalan santai menyusuri desa tiap pagi. Damai. Pengalaman lebih mendalam bisa kamu dapat dengan belajar membuat mi soba, merangkai bunga (ikebana), mengikuti upacara minum teh (chado), dan belajar drum ala Jepang taiko.


3. Kunisaki Trek

kunisaki trek
Bertualang menapaki jalur para biksu. (foto: Instagram @yamamoto_kanshou)

Buat kamu yang menyukai petualangan alam, habiskan liburanmu dengan menapaki jalur para biksu yang menembus pegunungan di semenanjung ini. Tur ke gunung Yufu-dake ini dirancang untuk pendaki yang berpengalaman. Tujuan trek akan berakhir di Yufuin. Di lokasi itu terdapat banyak pemandian air panas (onsen) dan penginapan khas Jepang (ryokan).(*)

BACA JUGA: Pergi ke Vietnam? Kamu Harus Kunjungi 5 Tempat Ini



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH