4 Destinasi Wisata Parepare, Kampung Halamannya BJ Habibie Monumen Cinta Sejati Ainun Habibie (Foto: Instagram/like_palu)

DUKA yang mendalam menyelimuti seluruh masyarakat Indonesia. Presiden RI ketiga, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie telah menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9), pukul 18.05 WIB.

Sosok dikenal bersahaja ini bukan hanya dikenal sebagai orang nomor satu di Indonesia, ia juga sangat jenius dan telah berjasa pada perkembangan penerbangan dunia. Salah satunya penemuan Fly by Wire (FBW), sebuah sistem kendali menggunakan sinyal elektronik.

Baca juga:

5 Karya BJ Habibie yang Masih Dikenang

BJ Habibie sendiri lahir di Parepare, sulawesi Selatan. Sebuah kota indah yang ukurannya enam kali lebih kecil dari pada Kota Jakarta. Meski demikian Pareparen punya beragam destinasi unik dan menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini lima destinasi yang pantas kamu kunjungi di Parepare, Sulawesi Selatan.

1. Pantai Lumpue

Pantai Lumpue (Foto: Instagram/pijarmencerahkan)
Pantai Lumpue (Foto: Instagram/pijarmencerahkan)

Ssebagai kota yang letaknya di tepi laut, maka bukan hal aneh kalau banyak wisata pantai di Parepare. Salah satunya adalah Pantai Lumpue, sebuah pantai di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat.

Pantai yang dijuluki pantai tertua di Parepare ini punya garis pantai yang cukup panjang. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan seberti menyusuri pantai, snorkeling, berenang atau mengabadikan momen dengan berfoto.

2. Tonrangeng Riverside

Tontangeng Riverside (Foto: Instagram/yanidoss_purple)
Tontangeng Riverside (Foto: Instagram/yanidoss_purple)

Sebenarnya jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Rumah Sakit Pendidikan Asri Ainun Habibie, Jalan Latasakka, Tonrangeng, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Namun karena instagramable, jembatan tersebut beralih fungsi menjadi destinasi wisata.

Baca juga:

Jembatan Barelang, Ikon Kota Batam Peninggalan BJ Habibie

Jembatan ini banyak dikunjungi oleh kawula muda untuk berfoto. Selain itu, terdapat pula ruang terbuka hijau yang nyaman untuk bersantai. Jika kamu ingin mengunjungi Tonrangeng Riverside disarankan datang di malam hari. Karena saat itu cahaya lampu membuat jembatan semakin indah.

3. Pantai Tonrangeng

Pantai Tonrangeng (Foto: Instagram/makassar_iinfo)
Pantai Tonrangeng (Foto: Instagram/makassar_iinfo)

Pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit di Parepare. Lokasinya pun tak jauh dari pusat kota yakni hanya sekitar 3 kilometer atau membutuhkan waktu 5 menit perjalanan. Ciri khas Pantai Tonrangang yakni memiliki hamparan pasir putih dan ombak tenang.

Pantai ini ditata sedemikian rupa oleh pihak pengelola agar nyaman dikunjungi. Terdapat gazebo dilengkapi payung untuk berteduh. Belum lagi ada mini cafe dengan lampu-lampu hias. Kamu bisa mengunjungi Pantai Tonrangeng hingga pukul 11 malam.

4. Monumen Cinta Sejati Ainun Habibie

Munumen Cinta Sejati Ainun Habibie (Foto: Insagram/mikoarnandaprayogo)
Munumen Cinta Sejati Ainun Habibie (Foto: Insagram/mikoarnandaprayogo)

Kisah cinta antara BJ Habibi dan istrinya bukan hanya ditransformasikan ke dalam film saja. di Parepare, Sulawesi Selatan terdapats ebuah monumen untuk mengabadikan kisah mereka. Monumen ini diresmikan langsung oleh BJ Habibie pada Juni 2015.

Monumen tersebut berupa patung Habibie dan Ainun. Patung Habibie mengenakan jas dan kacamata sementara istrinya memengang setangkai bunga. Di sana kamu bis amenikmati air mancur yang mengelilingi patung serta puluhan foto-foto perjalanan Habibie dan Ainun.

Baca juga:

R80, Warisan Terakhir BJ Habibie untuk Indonesia


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH