iPhone Generasi Pertama Terjual Hampir Rp 1 Miliar di Pelelangan

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 21 Februari 2023
iPhone Generasi Pertama Terjual Hampir Rp 1 Miliar di Pelelangan
Tak pernah dibuka sejak hari pertama dibeli. (Foto: LCG Auctions)

IPHONE telah menjadi pemimpin pasar sejak pertama kali merevolusi ponsel cerdas pada 2007. Namun bertentangan dengan apa yang mungkin kamu pikirkan, iPhone lama kamu sebenarnya berharga, asalkan kondisinya cukup baik seperti yang baru-baru ini dibuktikan di lelang.

Sebuah unt iPhone yang dimiliki oleh seniman tato Karen Green, adalah model generasi pertama yang dijual dalam kotak aslinya yang tersegel hampir 16 tahun setelah pertama kali diluncurkan ke pasar. Produk tersebut dideskripsikan sebagai iPhone Apple asli generasi pertama yang disegel oleh pabrik dari tahun 2007.

Seperti dilaporkan Unilad, ponsel itu awalnya dibeli seharga USD 599 (Rp 9 juta), dan harganya sempat diperkirakan akan mencapai USD 50.000 (Rp 759 juta). Namun, ponsel itu menghancurkan target tersebut sepenuhnya ketika dijual seharga USD 63.356 (Rp 962 juta) oleh LCG Auctions.

Baca juga:

Harga iPhone Terbaru Mencapai Rp 30 Juta?

Ponsel masih tersegel dengan baik. (Foto: LCG Auctions)

Karena ada begitu banyak penjelmaan iPhone sejak peluncuran pertamanya, model pertama itu telah menjadi barang koleksi nyata oleh pelelangan dimulai dengan penawaran awal sebesar USD 2.500 (Rp 37,9 juta). Namun, 27 penawaran kemudian, harga itu naik menjadi USD 63.356 saat ponsel dijual pada 19 Februari 2023.

Ponsel yang dimaksud secara tidak resmi dikenal sebagai 'iPhone 1' atau 'iPhone 2G', dan meskipun speknya mungkin terdengar kuno sekarang, itu adalah puncak teknologi pada tahun 2007 dengan penyimpanan 4, 8 atau 16 GB dan kamera 2 megapiksel.

Untuk menempatkan berapa banyak teknologi yang telah berubah sejak saat itu ke dalam konteks, iPhone terbaru iPhone 14 Pro memiliki penyimpanan 1 TB dan kamera 48 megapiksel.

Baca juga:

Mengenal Dynamic Island, Notch Kece di Seri Pro iPhone 14

Bukti sejarah perkembangan teknologi pesat oleh Apple. (Foto: LCG Auctions)

Karen sendiri mengatakan bahwa ia diberikan iPhone tersebut ketika ia hendak memulai pekerjaan baru. Namun, karena dirinya baru saja mendapatkan ponsel baru, ia tidak membuka segel atau kotak iPhone generasi pertama tersebut dan membairkannya selama bertahun-tahun.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, dia diberi tahu bahwa itu akan berharga bagi seorang kolektor teknologi. Ia juga merasakan hal yang sama, terutama mengingat bahwa itu adalah sebuah iPhone, benda teknologi yang tak akan termakan zaman.

Jadi bila kamu masih punya iPhone generasi pertama atau produk Apple lain yang juga berasal dari generasi pertama, masih tersimpan rapih di dalam kotak, terutama bila tak pernah dibuka segelnya, maka pertahankan karena itu kemungkinan akan berharga sangat mahal di masa mendatang. (waf)

Baca juga:

iPhone Generasi Pertama Sarat Teknologi Baru

#Apple #IPhone #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan