Merawat Ingat

iPhone Generasi Pertama Sarat Teknologi Baru

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 29 Juni 2022
iPhone Generasi Pertama Sarat Teknologi Baru
Ponsel iPhone generasi pertama merevolusi teknologi pada ponsel. (Foto: Unsplash/Mathieu Improvisato)

TAHUN 2007 tepatnya tanggal 29 Juni, perusahaan teknologi Apple Inc. merilis ponsel pintarnya yang diberi nama iPhone yang merupakan generasi pertama. Dari Britannica dituliskan bahwa ponsel pintar ini menjalankan sistem operasi yang dinamakan MacOS X. Sistem operasi ini juga dipakai pada produk personal komputer mereka.

Ponsel iPhone ini memasukan fitur yang dibutuhkan oleh penggunanya, seperti kamera, pemutar musik, dan komputasi personal yang mumpuni dibandingkan ponsel pintar lainnya pada saat itu. Tak hanya itu IPhone menyediakan koneksi internet yang lebih baik. Ponsel iPhone generasi pertama ini diperkenalkan ke publik pada acara Macworld Expo, 9 Januari 2007 oleh Steve Jobs.

Publik dan media saat itu sepakat bahwa iPhone merevolusi teknologi digital hingga menjadi seperti saat ini. Yang paling menarik dari besutan awal Apple ini adalah layar sentuh yang sensitif tanpa menggunakan pen stylus atau tombol fisik. Jadi hanya menggunakan ujung jari saja semua program dan fungsi yang ada pada iPhone. Bahkan Majalah Time memberikan gelar sebagai Invention of the Year di tahun 2007.

Baca Juga:

Kahitna Ultah, Lagu Bapernya Terngiang Sepanjang Masa

ponsel
iPhone generasi pertama dinilai penemuan terbesar di abad ini. (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Meskipun jika dibandingkan dengan ponsel iPhone saat ini, tentunya generasi pertama itu kalah jauh. Penyempurnaan generasi pertama kemudian dapat dinikmati pada iPhone 3G, generasi kedua, yang memakai teknologi nirkabel generasi ketiga di tahun 2008. Lalu pada 19 Juni 2009 dirilis iPhone 3Gs yang memakai sistem operasi lebih baru, iPhone OS 3.0.

Ponsel canggih ini tak memakai numerik di awal, baru ada penomoran pada generasi kedua yang disebut iPhone 3G. Penyebutan itu disesuaikan dengan hadirnya teknologi 3G di tahun 2008. Model ini mampu membuat perekaman video dengan baik. Kemudian terdapat fitur kompas yang dapat diselaraskan dengan aplikasi map seperti Waze.

Perkembangan tahun-tahun berikutnya membuat iPhone sangat diminati publik khususnya penggila teknologi. Pun kemudian lahir berbagai produk lainnya yang dapat terkoneksi dengan ponsel ini. (psr)

Baca Juga:

Couple Goal, Kisah Cinta Duta SO7 dan Adelia Lontoh

#Merawat Ingat #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan