iPhone 14 Pro dan Pro Max akan Hadirkan Fitur Always-On Display

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 31 Mei 2022
iPhone 14 Pro dan Pro Max akan Hadirkan Fitur Always-On Display
Fitur Always-on Display nantinya tersedia pada pembaharuan iOS 16. (Foto: Unsplash/Youssef Sarhan)

APPLE akhirnya akan menghadirkan fitur always-on display untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max yang akan datang pada pertengahan September 2022. Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple akan memperkenalkan fitur tersebut dengan iOS 16, ini akan memungkinkan iPhone untuk menampilkan informasi dalam jumlah terbatas ketika ponsel dalam keadaan terkunci.

Gurman juga mengatakan bahwa fitur always-on display pada iPhone dapat bekerja dengan cara yang sama dengan Apple Watch Series 5 dan series yang lebih tinggi. iPhone 14 Pro dan Pro Max akan menurunkan frame rate ketika layar kunci dengan mode always-on display diaktifkan, dan memungkinkan perangkat tersebut menghemat energinya saat layar tetap menyala.

Baca juga:

Mengintip 'Bocoran' Fitur iPhone 14

Masih belum jelas apakah iPhone 14 akan menggunakan layar polikristalin oksida (LTPO) suhu rendah yang juga digunakan Apple dalam model Watch terbaru. Layar berdaya rendah ini memainkan peran besar dalam membuat fitur always-on display berfungsi dengan baik, karena dibuat untuk menjaga perangkat agar tidak menghabiskan terlalu banyak daya.

iPhone 14 Pro dan Pro Max akan Hadirkan Fitur Always-On Display
Fitur always-on display sudah di temukan pada beberapa perangkat Android sejak lama. (Foto: NwsXpro)

Sebelumnya pada 2021, sebuah analisa memperkirakan bahwa iPhone 13 akan hadir dengan layar LTPO untuk mengaktifkan always-on display. Tapi ternyata itu tidak terealisasikan.

Fitur always-on display sudah dapat ditemui pada sejumlah perangkat Android, bahkan sudah ada selama bertahun-tahun. Misalnya pada perangkat Samsung tertentu, always-on display dapat menunjukkan waktu, level baterai, widget, dan lainnya pada saat ponsel dalam keadaan terkunci sekalipun.

Gurman mengharapkan iOS 16 hadir dengan fungsionalitas serupa, termasuk wallpaper dengan kemampuan seperti widget. Always-on display bukan satu-satunya fitur yang dikatakan eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan Pro Max, karena pada bocoran spesifikasinya menunjukkan bahwa Apple juga akan menyertakan chip A16 terbaru yang hanya akan ada pada dua perangkat premiumnya tersebut.

Baca juga:

Apple Hilangkan Notch di iPhone 14

iPhone 14 Pro dan Pro Max akan Hadirkan Fitur Always-On Display
Apple juga akan mengumumkan pembaharuan lainnya pada event WWDC. (Foto: Unsplash/Laurenz Heymann)

Apple akan mengumumkan sejumlah perubahan lain di Worldwide Developers Conference (WWDC) yang akan diselenggarakan pada 6 Juni 2022. Sejalan dengan prediksi sebelumnya, Gurman percaya bahwa Apple dapat memperkenalkan fitur windowing dan multitasking yang ditingkatkan di iPad.

Gurman mengutip temuan dari pengembang Steve Troughton-Smith yang baru-baru ini menemukan, bahwa Apple mungkin sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah ukuran windows dengan bebas.

Dengan WWDC yang sebentar lagi akan digelar atau tepatnya pada akhir pekan ini, kita tidak perlu menunggu lebih lama untuk melihat apakah semua rumor yang beredar benar menjadi kenyataan. (Ref)

Baca juga:

Cara Menggunakan Fitur ‘Back Tap’ di iPhone

#IPhone #Apple #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan