Teknologi

Cara Menggunakan Fitur ‘Back Tap’ di iPhone

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 09 Mei 2022
Cara Menggunakan Fitur ‘Back Tap’ di iPhone
iPhone telah merajai pasar ponsel pintar berkat berbagai fitur yang diberikan. (Foto: Unsplash/Lastly)

BACK TAP adalah salah satu cara termudah untuk menempatkan fungsi iPhone yang kamu gunakan sepanjang waktu hanya dengan menggunakan ujung jari kamu. Sederhananya, fitur ini memudahkan mengakses berbagai fitur yang ada di iPhone dengan mengetuk bagian belakang ponsel.

Fitur ini mulai diperkenalkan pada iOS 14, dan dapat berfungsi pada perangkat setua iPhone 8, yang diluncurkan lima tahun lalu. Berikut cara mengatur 'Back Tap' yang bisa di gunakan bagi kamu pengguna iPhone yang telah menjalankan iOS 15.4.1. atau minimal iOS 14:

Baca Juga:

Sejak Update iOS 14, iPhone Punya Tombol Rahasia

Buka 'setting' > 'Accessibility' > 'Touch' > 'Back Tap'.

Scroll down untuk menemukan fitur back tap, lalu aktifkan (Foto: screenshot)

Kamu dapat memilih Ketuk Dua Kali atau Ketuk Tiga Kali untuk mengatur fungsi khusus gerakan itu. Untuk ketuk dua kali atau tiga kali, kamu akan memiliki banyak opsi. Intinya ada banyak hal yang dapat kamu lakukan hanya dengan mengetuk bagian belakang iPhone milik kamu.

Baca Juga:

Hadirkan Fitur Baru, Begini Cara Update iOS 14 dan iPadOS 14

Dengan fungsinya sebagai shortcuts, berikut adalah beberapa cara lain untuk menyesuaikan fitur 'Back Tap':

1. Kamu dapat mengakses fungsi sistem seperti meluncurkan kamera, menyalakan senter, mengambil tangkapan layar, atau mematikan ponsel. Ini semua adalah cara terbaik untuk akses cepat.

2. Ada juga opsi aksesibilitas. Kamu dapat menggunakan speak screen agar Siri membaca teks di layar, magnifer untuk menggunakan kamera ponsel kamu sebagai kaca pembesar, atau background sound untuk memutar white noise.

3. Kamu juga dapat scroll up atau scroll down dengan menetapkan fungsi tersebut ke 'Back Tap'.

Terdapat beberapa fitur yang tersedia pada Accessibility Shortcut. (Foto: Screenshot)

Fitur 'Back Tap' juga dapat meluncurkan Accessibilty Shortcut, fitur lain dapat disesuaikan di menu accessibility yang menetapkan satu atau beberapa fitur aksesibilitas untuk diluncurkan saat kamu mengklik tiga kali tombol samping ponsel. Jika mau, kamu juga dapat menetapkan fitur ini ke 'Back Tap', dan kamu hanya perlu mengaturnya secara terpisah. Berikut cara melakukannya:

Buka 'Setting' > 'Accessbility' > 'Scroll down' ke bagian General dan pilih 'Accessibility Shortcut' > pilih opsi yang ingin kamu tetapkan sebagai 'shortcut'

Jika kamu memiliki beberapa fungsi yang ditetapkan, sebuah menu akan muncul, meminta kamu untuk memilih satu saat kamu meluncurkan Accessibility Shortcut, baik dengan mengklik tiga kali tombol samping atau menggunakan 'Back Tap'. (ref)

Baca Juga:

iOS 14 Mampu Tangkap Mata-Mata

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan