Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang Yuk intip lokasi asli sumber inspirasi film animasi Studio Ghibli. (Foto: Instagram/@travelrjapan)

APA kamu termasuk salah satu pencinta film-film animasi jebolan Studio Ghibli? Gambar, plot cerita, hingga pesan moral yang ingin disampaikan dari setiap film buatan Hayao Miyazaki ini memang enggak perlu diragukan lagi deh.

Eits tapi apakah kamu tahu kalau beberapa film animasi Studio Ghibli terinspirasi dari lokasi asli di Jepang Mengutip dari laman Matcha JP, ini dia beberapa tempat di Negeri Sakura yang berhubungan dengan film-film dari studio pencipta Totoro itu.

Baca juga:

Suka Film Animasi? Ini 3 Film Studio Ghibli Terbaik

Bisa masuk ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi nih ketika kamu berkesempatan untuk melancong ke Jepang. Yuk intip di mana saja lokasinya.

1. Edo Tokyo Open Air Architectural Museum - Spirited Away

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang
Gaya bangunan di museum ini serupa dengan yang ada dalam film Spirited Away. (Foto: Instagram/@jtb_jp)

Berdasarkan rumor yang beredar, zona timur di Edo Tokyo Open Air Architectural Museum menginspirasi beberapa bangunan di dunia film Spirited Away.

Bagaimana tidak? Hanya dengan melihat fotonya saja, kamu bisa menemukan beberapa kemiripan area ini dengan yang ada di dalam film.

Apalagi markas besar Studio Ghibli berjarak tidak jauh dari museum tersebut. Dan kabarnya Miyazaki seringkali mampir ke lokasi ini selama proses pengerjaan animasi Spirited Away.

Tidak hanya itu, di jalanan museum terdapat kereta kuno kuning yang interior dalamnya sangat mirip dengan kereta yang membawa Chihiro dan No-Face pergi bertemu Zeniba.

Selain itu, bar, rumah pemandian, dan area sekitarnya juga sangat mengingatkan pengunjung dengan film yang dirilis hampir dua dekade lalu ini.

Perpaduan antara gaya tradisional Jepang dengan barat yang ditawarkan museum ini mampu membawamu seolah-olah sedang menjalahi dunia Spirited Away itu sendiri.

2. Shima Onsen, Gunma - Spirited Away

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang
Shima Onsen, pemandian air panas kayu tertua di Jepang sebagai sumber inspirasi rumah pemandian Chihiro (Foto: Instagram/@buchimates)

Masih berasal dari film yang sama, tiga hotel pemandian air panas sudah dikonfirmasi sendiri oleh Hayao Miyazaki sebagai inspirasi dari pemandian dalam film Spirited Away.

Salah satunya ialah Sekizenkan di Shima Onsen yang benar-benar menunjukkan kemiripan dengan suasana malam hari di Aburaya Bathhouse tempat Chihiro bekerja. Lengkap dengan jembatan merah yang sama dengan yang ada dalam film pemenang Oscar itu.

Selain menjadi sumber inspirasi untuk animasi ini, Shima Onsen disebut-sebut sebagai resor pemandian air panas kayu tertua di Jepang. Wajib banget buat dikunjungi.

3. The Totoro Forest, Saitama - My Neighbor Totoro

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang
Sayama Hills yang sekarang dikenal sebagai Hutan Totoro. (Foto: Instagram/@mahyu_0x0_)

Hutan yang bernama asli Sayama Hills ini dipercaya jadi inspirasi untuk animasi terkenal Ghibli My Neighbor Totoro. Bahkan sejak filmnya keluar, hutan itu langsung diubah namanya menjadi Totoro no Mori yang berarti Hutan Totoro. Pasalnya, lokasi tersebut menampilkan banyak gambar dan tempat yang ada dalam adegan Totoro.

Ketika berkunjung ke sana, kamu akan diberikan peta yang menjelaskan berbagai spot di sekitar hutan. Satu tempat yang paling terkenal ialah Kurosuke House yang juga dikenal sebagai Totoro House.

Rumah itu dinamakan dari karakter hitam Soot Sprites dari filmnya. Di dalamnya kamu dapat menemukan Totoro raksasa yang sedang duduk dan beberapa adegan ikonis yang ada dalam film. Kerennya lagi kamu diperbolehkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto di sana.

Rumornya, Soot Sprites benar-benar tinggal dalam rumah ini lho namun hanya anak-anak saja yang bisa melihatnya. Kalau tertarik, kamu hanya perlu berjalan kaki selama 30 menit dari stasiun Seibu Kyujo-mae di Tokorozawa, Saitama.

Baca juga:

Hawaiian Collection dari Studio Ghibli Bisa Temani Musim Panasmu

4. Yakushima Island, Kagoshima - Princess Mononoke

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang
Hutan magis di pulau Yakushima sebagai sumber inspirasi untuk animasi Princess Mononoke. (Foto: Pen Magazine)

Negeri Matahari Terbit ini memang terkenal dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Jadi tidak mengherankan kalau berbagai hutan dan pegunungannya menjadi inspirasi bagi seorang seniman untuk hasilkan karya mengagumkan.

Salah satunya adalah pulau Yakushima di Osumi, Kagoshima. Hutan mistis ini jadi lokasi utama dalam pembuatan animasi Princess Mononoke. Ketika masuk lebih dalam, kamu seolah-olah sedang masuk ke dunia ajaib Princess Mononoke yang sedang menaiki serigala putihnya.

Dihiasi dengan bebatuan yang tertutup lumut, suara air mengalir dari sungai, dan berbagai pohon yang menjulang tinggi membuat tempat ini pantas disebut sebagai hutan para dewa. Jangan-jangan ketika pergi ke sana kamu dapat melihat penampakan makhluk putih kodama di sekitaran hutan.

5. Kota Tomonoura, Hiroshima - Ponyo

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang
Kota tepi laut Tomonoura sebagai latar petualangan Ponyo. (Foto: All About Japan)

Kota pelabuhan Tomonoura yang berada di Hiroshima sudah dikonfirmasi sebagai sumber inspirasi animasi menggemaskan Ponyo. Sejauh mata memandang, kota tepi laut ini akan mengingatkanmu dengan berbagai lokasi dan bangunan di Ponyo.

Bahkan seisi kota merasa sangat bangga karena daerahnya menjadi latar untuk petualangan si Ponyo sampai-sampai pengunjung bisa menemukan berbagai tanda atau simbol dari animasi tersebut.

Tidak hanya terkenal karena Ponyo, Tomonoura juga populer berkat berbagai tempat yang menarik. Ota House misalnya, yang merupakan tempat asal mula teknik pembuatan bir Homeishu, minuman keras tradisional yang dibuat dengan 16 bumbu berbeda. Kental sekali dengan budaya tradisionalnya, bukan?

6. Yamate, Yokohama - From Up On Poppy Hill

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang
Toko bunga di Yamate seperti yang ada dalam film Frop Up On Poppy Hill. (Foto: Matcha JP)

Sedang main-main ke kota Yokohama? Kamu mungkin perlu pergi ke area Yamate. Apalagi jika kamu penggemar animasi From Up On Poppy Hill. Soalnya daerah Yamate merupakan inspirasi untuk animasi keluaran 2011 itu.

Bahkan benar-benar ada toko bunga yang menjadi model dari toko bunga yang ada di dalam film. Selain itu ada pula kedai daging bernama Maruei Shoten yang juga muncul di From Up On Poppy Hill.

Lokasi ini dipercaya ada dalam adegan ketika sang pemeran utama sedang menyantap kroket. Dihiasi dengan arsitektur gaya Eropa, daerah Yamate membuat pengunjung jadi serasa sedang berada di dalam filmnya.

7. Motomachi Shopping Street, Yokohama - The Cat Returns

Intip 7 Lokasi Asli Inspirasi Film-Film Animasi Studio Ghibli di Jepang
Motomachi Shopping Street tempat bertemunya Haru dan Muta di The Cat Returns. (Foto: Instagram/@kanagawa_photo_club)

Kalau sudah menjelajahi Yamate mungkin kamu juga perlu pergi ke jalan Motomachi. Pasalnya area perbelanjaan ini merupakan lokasi asli ketika Haru bertemu dengan Muta dalam film The Cat Returns.

Serupa dengan Yamate, shopping street sepanjang 500 meter ini bernuansa seperti bangunan ala Eropa. Dipenuhi dengan berbagai toko, kafe, serta restoran dijamin membuatmu bisa berbelanja sambil mengenang animasi The Cat Returns. (sam)

Baca juga:

Taman Hiburan Studio Ghibli Baru akan Dibuka pada 2022



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH