Inilah 5 Tren Teknologi Tahun 2018, Nomor 4 Mungkin Kamu Belum Tahu Banyak teknologi berkembang di tahun 2018 (Foto: Pexels/Fancycrave.com)

SETIAP harinya teknologi selalu berkembang. Kemajuan teknologi pun akhirnya membantu manusia lebih mudah untuk melakukan berbagai macam hal. Tahun 2018 bisa dibilang menjadi tahun berkembang dan boomingnya beberapa terobosan teknologi.

Berikut ini tren teknologi pada tahun 2018 yang dirangkum dari berbagai sumber oleh merahputih.com.

1. Blockchain

Blockchain dapat menyimpan data dengan sangat aman (Foto: Pixabay/Tumisu)

Teknologi yang satu ini memiliki konsep membukukan transaksi data melalui catatan yang disebut block. Blockchain disebut menjadi teknologi penyimpanan data paling aman. Sebabnya, teknologi ini dipegang oleh ribuan komputer publik, bukan satu pihak atau organisasi.

Bahkan blockchain juga diklaim dapat membuat pemilu berjalan dengan adil. Karena enggak ada pihak yang dapat mengubah-ubah data pemilihan suara yang sudah dipungut. Sayangnya, masih butuh waktu sepertinya agar pemerintah menggunakan blockchain untuk keperluan pemilu.

2. Cryptocurrency

Cryptocurrency di Indonesia hanya dalam batasan investasi (Foto: Pexels/David McBee)

Cryptocurrency dan blockchain sangat saling berkaitan. Blockchain berfungsi untuk melindungi keamanan data cryptocurrency (mata uang digital) seeorang. Cryptocurrency sudah mulai diterima di beberapa negara.

Namun, Indonesia menjadi salah satu negara yang belum menerima alat pembayaran ini. Karena Bank Indonesia masih menyatakan bahwa hanya rupiah yang bisa menjadi alat pembayaran sah. Namun, cryptocurrency tetap bisa digunakan sebagai alat investasi. Untuk mencairkannya menjadi uang bisa menggunakan aplikasi seperti aplikasi BIIDO.

3. AI (Artificial Intelligence)

Kecerdasan buatan memudahkan teknologi (Foto: Pexels/Pixabay)

AI atau kecerdasan buatan juga menjadi salah satu teknologi yang tenar di tahun 2018. Bahkan sudah dimulai sejak tahun 2017. Kecerdasan buatan ini memang penting karena membuat teknologi semakin murah dan mudah digunakan.

Contohnya ialah salah satu pelopor teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP) untuk pasar B2B di Indonesia, platform kata.ai. Mereka memperkenalkan inovasi terbaru mereka beberapa waktu lalu.

Salah satu inovasi AI mereka ialah chatbot, sebuah program komputer yang memanfaatkan AI untuk menjawab pertanyaan dan menjalankan fungsi melalui percakapan dengan pengguna. Kemudian ada juga fitur text summarization pada chatbot, yang bisa mengolah teks panjang lebih singkat. Enggak ketinggalan voice chatbot yang bisa mengolah pesan melalui suara.

4. 3D Metal Printing

Printer metal dapat membuat benda logam besar sesuai permintaan (Foto: Pexels/Wendelin Jacober)

Mungkin masih ada yang belum tahu. Printer enggak lagi berfungsi untuk mencetak tulisan pada selembar kertas. Tapi di tahun 2018 printer sudah digunakan untuk membuat objek metal dengan lebih cepat dan murah.

Teknologi ini tentu menjadi sangat penting karena bisa membuat benda-benda logam besar dan kompleks sesuai permintaan. Hasilnya dapat merubah operasional bisnis manufaktur.

5. Augumented Reality (Realitas Buatan)

Beberapa ponsel pintal sudah mengadopsi teknologi ini (Foto: Pexels/Kaique Rocha)

Augumented reality atau AR telah banyak digunakan sejumlah perusahaan bidang teknologi. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan perangkat yang dilengkapi kamera. Contoh mudahnya ponsel pintar. Kemudian pengguna bisa melihat obyek imajiner pada layar ponsel pintar yang sudah memiliki teknologi ini.

Ponsel pintar yang sudah mengadopsi teknologi ini contohnya ialah Google Pixels 2 XL, Sony Xperia XZ Premium, LG C6 H870DS, hingga Asus Zenfone AR. (ikh)

Baca juga: Platform Kata.ai Kembangkan Inovasi Permudah Informasi dan Komunikasi Pengguna!

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH