Ini Alasan Avokad Harus Dicuci Sebelum Dimakan Buah alpukat. (Foto: Pixabay/Kjokkenutstyr)

PARA pencinta avokad atau siapa pun pasti tak mengonsumsi bagian kulitnya. Jadi, mengapa kamu harus susah payah mencuci avokad dulu sebelum memakannya kalau ternyata bagian kulit luar itu sama sekali enggak dimakan?

Food and Drug Administration (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS), seperti dilansir Eating Well, melaporkan ternyata kulit alpukat dapat menjadi tuan rumah bagi bakteri yang memungkinkan mereka masuk ke bagian dalam buah atau dagingnya.

1. Kulit dan daging avokad positif listeria

Buah alpukat. (Foto: Pixabay/coyot)
Buah avokad. (Foto: Pixabay/coyot)

FDA mengeluarkan desakan agar konsumen berhati-hati setelah data yang menunjukkan tentang keberadaan bakteri Listeria monocytogenes sebesar 17% dari sampel avokad. Sampel itu diambil dari 2014 hingga 2016.

Bakteri listeria ditemukan pada bagian kulit sampel avokad. Selain itu, sampel-sampel tersebut juga pada dagingnya dinyatakan positif listeria.

Laporan FDA mencatat bahwa semua avokad harus dicuci sebelum dibuka. Hal itu karena bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam daging lewat pisau untuk membelahnya. Bakteri dari kulit yang masuk lewat pisau dapat mencemari bagian dalam atau makanan lain jugan juga menggunakan alat yang sama.

Wabah listeria terkait alpukat memang masih belum terjadi di AS, tetapi ada lebih dari satu jenis bakteri yang harus diwaspadai. Penyelidikan juga menunjukkan keberadaan salmonela pada kulit avokad. Kini penyelidikan lebih lanjut untuk mencicipi produk siap konsumsi yang mengandung avokad hingga 2019.

2. Gejala demam hingga kejang-kejang akibat penyakit listeria

Buah alpukat. (Foto: Pixabay/stevepb)
Bakteri listeria pada avokad bisa berakibat fatal. (Foto: Pixabay/stevepb)

Listeria jarang menyerang orang dewasa dengan kondisi kesehatan baik, tetapi rentan terhadap orang tua, wanita hamil, dan mereka yang memiliki kekebalan tubuh lemah. Gejalanya meliputi demam, mual, nyeri otot, muntah, dan diare kronis. Kasus lebih parah bisa menyebabkan kebingungan, leher kaku, hingga kejang-kejang.

Meluangkan beberapa menit untuk terlebih dahulu mencuci avokad sebelum memakannya menjadi pilihan bijak. Hal sederhana itu bisa membantu keluarga terhindar dari penyakit bawaan makanan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bikin Mi Instan Sehat, ini Tipsnya


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH