Ingin Punya Senyum Sehat? 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Menyikat Gigi Senyum indah tentunya ditunjang dengan gigi yang sehat (Foto: Pixabay/cuncon)

MEMILIKI senyum indah dan sehat tentunya jadi impian banyak orang. Tapi, gimana mau punya senyum yang indah kalau kesehatan gigi tidak dijaga dengan baik. Tentu, cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan gigi adalah menyikatnya secara rutin.

Masalahnya tidak semua orang mengetahui beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika menyikat gigi. Tenang, simak tips berikut ini supaya kamu tidak salah lagi saat menyikat gigi. Pada gilirannya, kamu akan memiliki senyum indah juga kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Baca juga:

Tiga Hal Penting untuk Dihindari Agar Gigi Sehat

1. Dua adalah angka ajaib dalam menyikat gigi

Ingin Punya Senyum Sehat? 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Menyikat Gigi
Dua kali dua menit sehari jadi resep kunci ketika menyikat gigi (Foto: Pexels/Pietro Jeng)

Kamu pasti bertanya-tanya apa sih maksudnya? Menurut American Dental Association, sikat gigi paling baik dilakukan dua kali sehari dan selama dua menit.

Satu kali di pagi hari setelah bangun untuk menyegarkan nafasmu. Satu kali di malam hari setelah makan malam. Jika rutin dilakukan, dijamin gigimu sehat dan kamu akan memiliki senyum yang indah.

2. Tidak perlu terlalu kuat ketika menyikat gigi

Ingin Punya Senyum Sehat? 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Menyikat Gigi
Hati-hari terluka jika menyikat terlalu keras (Foto: HuffPost)

Yap. Faktanya menyikat terlalu kuat akan merusak gusi dan gigimu. Cukup gunakan kekuatan secukupnya ketika menyikat gigi.

Selain itu, usahakan untuk menyikat gigi tanpa mengenai gusimu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan gusi terluka.

Baca juga:

4 Manfaat Obat Kumur yang Belum Banyak Diketahui Orang, Nomor 3 Sangat Membantu

3. Sikat gigi secara merata

Ingin Punya Senyum Sehat? 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Menyikat Gigi
Sikat gigi secara merata agar terlihat bersih menyeluruh (Foto: DRAColumbus)

Tanpa sadar pasti kamu pernah menyikat gigi secara terburu-buru. Entah karena telat bangun di pagi hari atau sudah mengantuk di malam hari. Alhasil tidak semua gigimu disikat secara merata. Usahakan untuk tidak terburu-buru ketika menyikat gigimu agar tidak hanya satu bagian gigimu saja yang sehat.

4. Gunakan sikat gigi yang sesuai

Ingin Punya Senyum Sehat? 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Menyikat Gigi
Menyesuaikan tingkat kekerasan sikat gigi juga penting lho (Foto: Pixabay/stevepb)

Jika kamu sadar, sikat gigi dibuat berbeda-beda. Ada sikat yang lembut, sedang dan juga keras. Cari tahu mana yang cocok dengan gigi dan gusimu.

Jika kebingungan, kamu bisa tanya ke dokter gigimu. Memilih sikat yang terlalu lembut bisa membuat gigimu tidak bersih. Sebaliknya, sikat yang terlalu keras dapat melukai gigi dan gusimu. (sep)

Baca juga:

Percuma Tampan Tapi Bau Mulut, Atasi dengan Cara Ini



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH