Percuma Tampan Tapi Bau Mulut, Atasi dengan Cara Ini Jangan sampai bau mulut mengganggu penampilan kamu (Foto: Pexels/bruce mars)

PAKAIAN sudah rapi. Rambut juga sudah tertata dengan baik. Ditambah sneaker kamu yang kece itu sudah melekat di kedua kaki kamu. Tapi sayang saat kamu bertemu dengan teman atau dia. Bau nafas kamu enggak sedap.

Ya, ketampanan kamu enggak ada artinya jika mulut kamu bau. Dalam dunia medis kondisi kamu ini disebut halitosis. Penyebabnya beragam. Bisa karena dari makanan yang kamu kunyah telah menjadi bakteri di mulut.

Kalau sudah begini memang memalukan. Tapi seenggaknya, mengutip askmen, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mulut bau ini.

1. Berkonsultasi ke dokter gigi secara rutin

Dokter gigi akan mengatasi bau mulut kamu (Foto: Pexels/Daniel Frank)

Tentu saja cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah berkonsultasi dengan dokter gigi. 90% bau mulut berasal dari dalam mulut seperti kondisi gigi. Bisa saja yang membuat mulut kamu bau ialah karena ada masalah pada kesehatan gigi kamu. Seperti gigi berlubang, retak, atau infeksi.

Rutin ke dokter gigi bukan berarti kamu harus setiap hari ke sana. cukup dua kali dalam setahun."Kondisi tertentu seperti penyakit periodontal, gigi berlubang, retak, dan infeksi tidak dapat sepenuhnya dihindari dengan perawatan di rumah saja," ujar Dokter gigi kosmetik di Beverly Hills, Matt Nejad.

2. Rajin sikat gigi

Jika sikat gigi dua kali sehari masih kurang, tambahkan lagi (Foto: Pexels/Pixabay)

Meskipun terlihat gampang. Tapi masih ada saja orang yang lupa menyikat gigi secara teratur. Sikat gigi dengan teratur cukup dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari dan sebelum tidur. Sikat gigi itu penting banget karena dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Namun, terkadang sudah sikat dua kali saja mulut masih tetap terasa bau. Jadi, enggak ada salahnya jika kamu menyikat gigi lebih dari dua kali. Misalnya di sela-sela jam kantor. Kamu bisa menyikat gigimu lagi.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Buah dapat mencegah bau mulut (Foto: Pexels/Trang Doan)

Banyak makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Tapi kamu akan sulit mengetahui makanan apa yang salah kamu konsumsi. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan mengonsumsi makanan yang bisa menghindari bau mulut. Contohnya ialah Peterseli, teh hijau, yogurt, buah-buahan, dan sayuran tertentu. "Pertimbangan diet meliputi jenis makanan yang Anda makan dan minum," ujar Nejad.

4. Hindari kopi, rokok, dan alkohol

Bagaimanapun juga rokok dan alkohol itu enggak sehat (Foto: Pexels/Diego Indriago)

Enggak bohong kok. Ketiga hal ini benar-benar akan membuat mulut kamu bau. Karena akan membuat mulut kamu kering. Kalau mulut sudah kering. Jangan harap nafas kamu akan wangi. "Semua hal ini menyebabkan mulut kering yang menyebabkan bau mulut," kata Nejad

Lagipula, khusus seperti rokok dan alkohol memang enggak sehat kan. Jadi lebih baik kamu hindari saja ya. Kalau kopi enggak akan berbahaya. Tapi tetap jaga bau mulut kamu ya setelah menikmati secangkir kopi.

Bagaimana sahabat Merah Putih, enggak mau kan kalau mulut kamu sampai bau? (ikh)

Baca juga: Jangan Salah, Pria Boleh-Boleh Saja Memakai Masker Wajah

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo