Kuliner
Indonesia Tampil dalam Kompetisi Chef Internasional, Bocuse d’Or Bocuse d’Or kompetisi chef internasional. (Foto: GL events)

SETELAH sepuluh tahun yang lalu Indonesia terpilih untuk ikut bertanding dalam kompetisi chef profesional paling prestisius di dunia, Bocuse d’Or. Tahun ini Indonesia akan kembali berlaga di panggung global ini. Kali ini para chef terbaik akan unjuk kebolehan pada tanggal 26 hingga 27 September 2021. Kompetisi tersebut turut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta PT Time International.

Bocuse d’Or merupakan kompetisi memasak antar chef dari berbagai negara di dunia yang diadakan setiap dua tahun sekali di kota Lyon, Prancis. Kota tersebut dikenal sebagai pusat gastronomi Prancis. Kompetisi Bocuse d’Or sendiri sering disejajarkan dengan Olympic Games dan World Cup untuk dunia kuliner.

Baca Juga:

Enaknya 5 Sajian Khas Vietnam Peningkat Imunitas Tubuh

masak
Chef Lutfi Nugraha, kehormatan besar untuk bisa turut serta dalam kompetisi kuliner paling bergengsi. (Foto: ist)

Chef yang akan mewakili Indonesia di pertandingan Bocuse d'Or adalah chef Mandif Warokka dan Nugraha Lutfi, commis dari restoran Blanco par Mandif di Ubud, Bali. Chef Mandif bukanlah wajah baru dalam kompetisi kuliner internasional. Dia pernah beberapa kali bertanding di panggung internasional bahkan tampil sebagai pemenang. Misalnya saja meraih medali emas di Salon Culinaire Dubai tahun 2005.

Tim Indonesia akan dilatih oleh Chris Salans, chef dan pemilik dari restoran fine dining Mozaic di Ubud Bali. Selain Salans chef yang melatih chef Indonesia untuk kejuaraan tersebut yakni chef Gilles Marx, presiden dari Bocuse d’Or Indonesia dan pemilik dari restoran Amuz Gourmet di Jakarta. Ini bukan pertama kalinya Marx melatih tim Indonesia, ia juga melatih tim Indonesia saat berkompetisi di Lyon pada 2011 lalu.

Proses seleksi babak final Bocuse d’Or melalui beberapa tahap. Tahap pertama dilakukan secara nasional oleh negara-negara yang ingin berpartisipasi. Kemudian dilanjutkan di tahap regional seperti Eropa, Asia Pasifik dan Amerika, hingga dipilih yang terbaik untuk bertanding di babak final di Lyon Perancis.

Baca Juga:

Liburan ke Tanjung Lesung, Isi Perut di Rumah Makan Ibu Entin

masak
Chef Mandif Warokka, membuktikan bahwa chef Indonesia mampu bersaing dengan chef kelas dunia. (Foto: ist)

“Bocuse d’Or adalah kesempatan bagi saya untuk membuktikan bahwa chef Indonesia mampu bersaing dengan chef kelas dunia lainnya. Ini adalah suatu kebanggaan yang tak terkira. Di kompetisi ini, kami ingin memperlihatkan kualitas dan keragaman cita rasa Indonesia. Dari inspirasi rasa sampai aneka bahan baku. Indonesia dianugerahi kekayaan alam dari laut hingga darat. Inilah yang ingin kami representasikan dalam hidangan-hidangan yang sudah kami rancang. Jadi melalui makanan kami, para juri dan mereka yang hadir dapat setidaknya melihat Indonesia,” jelas Mandif Warokka.

“Di usia saya yang masih 21 tahun, merupakan sebuah kehormatan besar untuk bisa turut serta dalam kompetisi kuliner paling bergengsi ini bersama dengan chef Mandif sebagai commis tim Indonesia," kata Nugraha Lutfi.

Bukan tanpa alasan chef Lutfi dipilih sebagai asisten bagi chef Mandif. Sebagaimana olahraga, tim harus saling memiliki chemistry dan saling memahami. Chef Lutfi adalah orang yang tepat karena Ia sendiri memang bekerja bersama dengan chef Mandif di restoran BLANCO par Mandif yang berlokasi di Ubud Bali.

Baca Juga:

Camilan Enak Pengusir Kebosanan

masak
Chef Chris Salans, yakin Indonesia sudah siap untuk kembali lagi untuk mengincar posisi di podium. (Foto: ist)

Harapan besarnya adalah keduanya bisa saling melengkapi dan membawa medali bagi Indonesia. Menurut coach tim Indonesia, Chris Salans, yang tinggal di Indonesia lebih dari 20 tahun, merasa sangat bangga melihat pencapaian chef-chef di Indonesia. Ia yakin bahwa kapasitas chef di Indonesia sudah layak untuk bertanding di kompetisi global seperti Bocuse d’Or.

“Dipilihnya Indonesia untuk masuk ke babak final Bocuse d’Or 2021 di Lyon, Perancis, menjadi cerminan kapasitas chef Indonesia saat ini. Setelah sepuluh tahun yang lalu membawa tim Indonesia ke Lyon, saya yakin Indonesia sudah siap untuk kembali lagi untuk mengincar posisi di podium kompetisi memasak paling bergengsi di dunia," jelas Gilles Marx.

Sebagai salah satu sponsor utama tim Indonesia, Irwan D. Mussry selaku presiden dan CEO PT Time International juga turut menyatakan semangatnya, “Sebuah kebahagiaan dan kebanggaan untuk turut mendukung tim Indonesia yang telah berlatih keras untuk masuk ke babak final Bocuse d’Or di Lyon, Perancis. Saya selalu percaya bahwa bakat-bakat baru harus terus dipanen, dan saya juga pencinta kuliner, jadi ini adalah kombinasi yang sempurna.” (avia)

Baca Juga:

Martabak, Camilan Populer di Layanan Pesan-Antar

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lucunya Koleksi Eksklusif Porter x My Neighbor Totoro
Fashion
Lucunya Koleksi Eksklusif Porter x My Neighbor Totoro

Menghadirkan rucksack, totebag, dan toolbag

Mengenal Sejarah Lahirnya Tahun Hijriah
Fun
Mengenal Sejarah Lahirnya Tahun Hijriah

Tahun hijriyah memiliki Muharam sebagai bulan pertama.

Dogecoin Jadi Favorit Trader Crypto Indonesia
Fun
Dogecoin Jadi Favorit Trader Crypto Indonesia

Dogecoin populer di dunia cryptocurrency.

Akhirnya Tamat, Pemeran 'True Beauty' Bagikan Pesan dan Kesan Terakhir
Fun
Akhirnya Tamat, Pemeran 'True Beauty' Bagikan Pesan dan Kesan Terakhir

Para pemeran sangat puas dapat terlibat di 'True Beauty'.

Tiara Andini Hadirkan Kejutan Lewat Lagu 'Hadapi Berdua'
ShowBiz
Tiara Andini Hadirkan Kejutan Lewat Lagu 'Hadapi Berdua'

Tiara Andini, baru-baru ini menghadirkan sebuah kejutan pada single terbarunya yang bertajuk 'Hadapi Berdua'

Fungsi Instagram dan Facebook Messenger Terbatas di Eropa, Ada Apa?
Fun
Fungsi Instagram dan Facebook Messenger Terbatas di Eropa, Ada Apa?

Pembatasan ini berlaku untuk semua pengguna.

Mengenal DentalSlim Diet Control, Alat Penurun Berat Badan Kontroversial
Fun
Mengenal DentalSlim Diet Control, Alat Penurun Berat Badan Kontroversial

alat penurun berat badan kontroversial bernama DentalSlim Diet Control dirancang untuk memungkinkan penggunanya membuka mulut hanya sekitar 2 mm saja. Sehingga membuat pengguna tidak dapat mengunyah sambil tetap bernapas dan berbicara.

Cara Mudah Merawat Mobil Pikap Agar Tetap Terjaga Kondisinya
Fun
Cara Mudah Merawat Mobil Pikap Agar Tetap Terjaga Kondisinya

Anjuran penggunaan dan perawatan mobil pikap yang benar, agar bisa terus bekerja dengan optimal dan memiliki umur pakai yang lama.

Gaslighting dalam Pergaulan Tidak Pernah Sehat
Fun
Gaslighting dalam Pergaulan Tidak Pernah Sehat

Salah satu sikap seseorang pada dirimu yang membuat hati tidak enak.

Inspirasi Fashion Ala Anak Hits Instagram
Fashion
Inspirasi Fashion Ala Anak Hits Instagram

Rekomendasi item fashion yang digandrungi anak hit Instagram.