Maluku Utara Manise

Ikan Komu Asar, Olahan Ikan Asap Paling Cocok sama Colo-colo

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 25 Agustus 2018
Ikan Komu Asar, Olahan Ikan Asap Paling Cocok sama Colo-colo
Ikan asar bercitarasa pedas. (Foto: instagram@_yona27)

INI salah satu menu tradisional yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Namanya ikan komu asar.

Bagi yang tinggal di bagian barat Indonesia, nama ikan komu asar mungkin tak begitu familiar. Tapi di Maluku Utara, ikan komu asar ini merupakan menu favorit masyarakat setempat.

Ikan komu asar merupakan olahan ikan dengan cara diasap. Pengasapan ikan yang biasanya menggunakan cakalang ini dilakukan hingga satu jam lebih. Selain itu, ada juga penggunaan ikan tuna.

Ikan sebelum diasap dibersihkan dan dibelah dua dahulu, kemudian ditusuk dengan bambu. Pengasapan dilakukan hingga ikan mengering dan warna menjadi kecokelat-cokelatan. Ikan diasap hingga kurang lebih tiga jam.

Ikan asar. (Foto: Pixabay/nadhyra_alam)
Ikan asa yang diasapi lebih dafi satu jamr. (Foto: Pixabay/nadhyra_alam)

Selain menggambarkan kekayaan laut wilayah timur, olahan ikan komu asar merupakan warisan kuliner bagaimana nenek moyang membuat olahan ikan agar bisa tahan lama. Ikan ini bisa tahan hingga seminggu lebih.

Daya tahan ikan komu juga membuatnya populer sebagai oleh-oleh dari tanah Maluku dan Maluku Utara. Di tempat asalnya, ikan komu asar biasa disajikan biasa disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.

Sambal colo-colo sebagai ikon kuliner Maluku tak boleh dilupakan. Sambal ini merukan khas kawasan timur terkenal dengan rasanya yang pedas.

Ikan asar. (Foto: instagram.com/firdawad)
Ikan asar diakui kelezatannya. (Foto: instagram@firdawad)

Nah, kalau kamu melancong ke Maluku atau Maluku Utara, jangan lupakan ikan komu asar ini. Ikan ini sangat terkenal bahkan oleh para turis mancanegara diakui kelezatannya. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ke Maluku Utara? Oleh-oleh Olahan Sagu Ini Jangan Sampai Ketinggalan

#Kuliner Indonesia #Maluku Utara Manise #Kuliner Maluku Utara
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan