[HOAKS atau FAKTA]: Rizieq Shihab Ditangkap Warga Tangkaan layar Facebook tentang berita Rizieq Shihab ditangkap warga. (Foto: MP/turnbackhoax)

MerahPutih.com - Ramai di media sosial (medsos) Facebook sebuah foto Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab ditangkap warga yang hanya menggunakan celana pendek. Informasi itu diunggah oleh akun Jhon Jhon.

Dalam postingan foto Rizieq tengah dibawa oleh 4 orang di pinggir jalan. Selain itu, di dalam foto juga terdapat narasi “UMAT MUSLIM YG MIKIR JERNIH, KENAPA NU & MUHAMADIYAH TIDAK BERBUAT KE ORMAS FPI. HTI BUNGKAM YG TIDAK BERASAS IDIOLOGI PAANCASILA HYA BIKIN ADU DOMBA MUSLIM YG TUJUAN OTAK ATIK RUBAH KE KHILAFAH, YG TIDAK MUNGKIN TERWUJUD HYA BIKIN ONAR, GADUH, RESAH DI TENGAH RAKYAT DI MUKA UMUM. APA KATA DUNIA”.

Narasi:

"kasihan sih rijik ya”

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kentutnya Mematikan, Pria Uganda ini "Diburu" Perusahaan Pestisida

Tangkaan layar Facebook tentang berita Rizieq Shihab ditangkap warga. (Foto: MP/turnbackhoax)
Tangkaan layar Facebook tentang berita Rizieq Shihab ditangkap warga. (Foto: MP/turnbackhoax)

Faktanya:

Berdasarkan penelusuran, faktanya foto tersebut merupakan hasil suntingan atau editan. Foto asli ditemukan pada cover artikel detik.com berjudul “Resahkan Warga, Orang Sakit Jiwa Ditangkap di Semanggi” yang tayang pada 21 juni 2015 lalu.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Akui Selalu Salah di Mata Fadli Zon

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka informasi Habib Rizieq ditangkap warga yang hanya pakai celana pendek itu masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Terkena Radiasi Handphone, Otak Bocah Mengecil

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH