[HOAKS atau FAKTA]: Pemerintah Tiongkok Wajibkan Anak-Anak Gunakan Baju Hazmat

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 10 November 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Pemerintah Tiongkok Wajibkan Anak-Anak Gunakan Baju Hazmat
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Akun Twitter dengan nama pengguna “uytimes” mengunggah sebuah video yang menunjukkan sekelompok anak tengah berbaris dan mengenakan kostum berwarna putih.

Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa anak-anak dalam video tersebut tengah menggunakan baju hazmat sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Biji Mahoni Bisa Obati Sakit Cacar

NARASI

“Kebijakan Covid yang paling tidak manusiawi dan paling kejam terhadap anak-anak tidak berdaya di Tiongkok; WHO harus melindungi kehidupan anak-anak ini. (diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia)

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, narasi tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar. Anak-anak dalam video tersebut sedang menggunakan kostum astronot, bukan baju hazmat.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Inggris dan Australia Latihan Perang di Dekat Pulau Pasir

Video serupa pertama kali diunggah di media sosial Douyin oleh akun “ruyi” pada 29 Desember 2021. Adapun kostum tersebut digunakan sebagai perlengkapan penampilan dalam rangka festival yang diselenggarakan oleh sekolah.

Narasi serupa juga pernah beredar sebelumnya. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id pada 12 Januari 2022 dengan judul artikel “[SALAH] Video Anak-Anak di Tiongkok Diwajibkan untuk Menggunakan Baju Hazmat”.

KESIMPULAN

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “uytimes” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Varian Baru COVID-19 Hanya Berbahaya Untuk yang Divaksin

##HOAKS/FAKTA #Tiongkok
Bagikan
Bagikan