[Hoaks atau Fakta]: Mahfud MD Sebut Pelaku Bom Katedral Makassar Pecatan Polisi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 31 Maret 2021
[Hoaks atau Fakta]: Mahfud MD Sebut Pelaku Bom Katedral Makassar Pecatan Polisi
Bom meledak di Katedral Makassar. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Sebuah akun facebook bernama Hasbywwcom Adi mengunggah tangkapan layar berupa artikel dari portal media.

Dalam artikel Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut jika pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasaar merupakan pecatan polisi.

Artikel tersebut diposting Hasbywwcom tertanggal 28 maret 2021 pada pukul 11.45 WIB.

Baca Juga:

Densus 88 Tangkap Sejumlah Terduga Teroris Setelah Bom Makassar

NARASI

“Mahfud MD: Pelaku Bom Gereja Katedra Makassar 3 Oknum Polisi Suku Batak, hobi Mabuk Miras, Beragama Protestan, Yang Sakit Hati Karena Dipecat”.

FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran melalui index berita kompas.com berdasarkan keterangan tanggal dan jam, tidak ditemukan artikel dengan tampilan sampul serta judul seperti demikian.

Terdapat beberapa artikel pada 28 maret 2021 yang menampilkan statement dari Mahfud MD terkait peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Makassar. Tapi tidak terdapat pernyatan seperti pada narasi tangkapan layar akun facebook Hasbywwcom Adi.

Tangkapan layat hoaks. (Foto: Mafindo)
Tangkapan layat hoaks. (Foto: Mafindo)

Sementara foto Mahfud MD dalam tangkapan layar tersebut setelah ditelusuri menggunakan google image, ditemukan beberapa artikel dari media massa yang menggunakan foto tersebut dan merupakan foto dari dokumen Humas Kemenko Polhukam.

Faktanya kedua pelaku pengeboman di Katedral Makassar merupakan pasangan suami istri berinisial L (suami) dan YSF (istri). keduanya tertangkap kamera berboncengan sepeda motor sebelum meladakkan diri.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan pernyataan Mahfud MD yang menyebut pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasaar merupakan pecatan polisi dari suku Batak dapat dikategorikan sebagai konten tiruan atau imposter content. (Asp)

Baca Juga:

Kapolri Pastikan Pengobatan Korban Bom Makassar Ditanggung Negara

#Bom #Gereja Katedral #Teroris #Teror Bom #Mahfud MD ##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan