[HOAKS atau FAKTA] Hotman Paris Pimpin Seluruh Pengacara Dukung Anies di Pilpres 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 01 Desember 2023
[HOAKS atau FAKTA] Hotman Paris Pimpin Seluruh Pengacara Dukung Anies di Pilpres 2024
Tangkapan layar hoaks. Foto: turnbackhoax

MerahPutih.com - Channel youtube NEGARA POLITIK membagikan sebuah video yang menampilkan thumbnail sebuah panggung berlatar belakang pasangaan Anies dan Muhaimin disertai tulisan deklarasi tim hukum nasional AMIN dengan klaim narasi Hotman Paris pimpin seluruh pengacara di Indonesia untuk dukung Anies di Pilpres 2024.

Narasi

di pimpin Hotman Paris seluruh pengacara Indonesia sepakat dukung Anies di 2024
GEMPAR…..!!!!!
TIM HUKUM DEKLARASI ANIES
AKHIRNYA YG DITAKUTI JOKOWI TERJADI

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Erick Thohir Gantikan Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Cek fakta

Setelah ditelusuri, thumbnail yang menampilkan panggung dengan latar belakang pasangaan Anies dan Muhaimin bertuliskan dekarasi tim hukum nasional AMIN tersebut merupakan momen ketika Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar deklarasikan tim hukum nasional yang dibentuk untuk mengawal pemenangan calon pasanagan presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dalam Pilpres 2024.

Foto aslinya dimuat dalam artikel jawapos.com berjudul “Anies-Imin Deklarasikan Tim Hukum Nasional, Jumlahnya Lebih dari 1.000 Orang”.

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Indonesia Putuskan Gabung Rusia dan Iran Bantu Serang Israel

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kabarjatim.com berjudul “Hadir Langsung di Deklarasi Tim Hukum Nasional, Pengacara Madura Ini Dukung Anies-Imin” yang dimuat pada 27 November 2023.

Artikel tersebut membahas tentang dua pengacara asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang ikut hadir dalam deklarasi tim hukum nasional pasangan calon presiden Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi terkait Hotman Paris pimpin seluruh pengacara di Indonesia untuk dukung Anies di Pilpres 2024 adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Kemendikbud Cabut Ijazah Gibranhoaks

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan