[HOAKS atau FAKTA]: Erick Thohir Gantikan Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 01 Desember 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Erick Thohir Gantikan Gibran Jadi Cawapres Prabowo
Tangkapan layar soal hoaks Erick Thohir gantikan Gibran Rakabuming jadi cawapres. (Foto: Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Beredar sebuah video melalui media sosial TikTok yang menyebutkan informasi mengenai Erick Thohir telah sah menggantikan Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto.

Informasi ini secara jelas disampaikan melalui thumbnail video tersebut dengan bunyi sebagai berikut, “BREAKING NEWS, SAH! ERICK GANTIKAN GIBRAN. KETUA PSSI INI DILANTIK JADI CAWAPRES PRABOWO”.

Di dalam unggahan milik akun bernama @AKU tersebut juga turut menampilkan gambar dari Erick Thohir yang tengah bersalaman dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, ditemani oleh Prabowo Subianto yang menggunakan setelan berwarna cokelat.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kemendikbud Cabut Ijazah Gibran

SUMBER: TIKTOK

https://archive.fo/tBgsc

NARASI:

“BREAKING NEWS, SAH! ERICK GANTIKAN GIBRAN. KETUA PSSI INI DILANTIK JADI CAWAPRES PRABOWO”

FAKTA:

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai klaim tersebut, ternyata gambar pada thumbnail video tersebut bukan gambar pelantikan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden menggantikan Gibran.

Gambar tersebut diketahui merupakan gambar dari Presiden Joko Widodo yang tengah memberikan petikan keputusan kepada calon Menteri BUMN Erick Thohir, dalam rangkaian acara pelantikan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Di dalam gambar aslinya, tidak ditemukan adanya gambar dari Prabowo Subianto seperti yang ditampilkan pada thumbnail video TikTok sebelumnya.

Di sepanjang video Tiktok tersebut juga tidak ditemukan informasi yang turut mendukung klaim yang disampaikan melalui narasi judul pada thumbnail.

Perlu diketahui pula bahwa informasi yang menyebutkan bahwa Erick Thohir telah menggantikan Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto merupakan informasi yang keliru.

Hal ini didukung dengan fakta yang menunjukkan bahwa pasangan Prabowo dan Gibran telah resmi ditetapkan sebagai pasangan calon nomor urut 02 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia pada Selasa, 14 November 2023 lalu.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Indonesia Putuskan Gabung Rusia dan Iran Bantu Serang Israel

KESIMPULAN:

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut bahwa Erick Thohir telah dilantik untuk menggantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Prabowo Subianto merupakan informasi yang keliru. Informasi itu termasuk ke dalam kategori konten yang manipulated content atau konten yang dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Nyamuk Wolbachia Dikendalikan sebagai Senjata Pembunuh Manusia

#Erick Thohir ##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan