[Hoaks atau Fakta]: Anies Juara Lomba Mewarnai

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 03 Februari 2021
[Hoaks atau Fakta]: Anies Juara Lomba Mewarnai
Gubernur Anies Baswedan di Mapolda Metro Jaya. (Foto: Kanugrahan).

MerahPutih.com - Beredar di media sosial Twitter @Thalomoan1 pada (24/01/21), yang mengunggah sebuah foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memegang piala juara mewarnai.

Ia berdiri disamping dua anak kecil yang masing-masing memegang lukisannya, dengan narasi “Juara lomba mewarnai anak anak Tingkat Kecamatan seluruh DKI Tahun 2021. – Selalu saja Anies yg juara nya, kasihan anak-anak jatah nya diserobot.”. Unggahan tersebut mendapat 26 retweets, 173 likes, dan 26 komentar.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Anies Kontrak Politik dengan HTI

FAKTA

Dari penelusuran Mafindo diketahui foto tersebut merupakan hasil suntingan dari dua sumber foto yang berbeda.

Cuplikan foto Anies terdapat pada unggahan akun Instagram resminya “@aniesbaswedan”, yang memposting foto sedang menerima penghargaan atas terpilihnya kembali DKI Jakarta meraih penghargaan Top Digital Award 2020 Selasa(22/12/20).

Sedangkan cuplikan foto dua anak kecil memegang lukisannya merupakan potongan dari sebuah foto yang berasal dari www.lenterapendidikan.com, dengan judul artikel “TKIT Dan SDIT Rabbani Juara Lomba Mewarnai” terbit pada Kamis (22/08/19).

Tangkapan layar Anies lomba mewarnai. (Mafindo)
Tangkapan layar Anies lomba mewarnai. (Mafindo)

Pada foto aslinya, Anies Baswedan memegang piala “Top Digital Award” di tangan kanannya, sedangkan tangan kirinya memegang penghargaan “Top Leader On Digital Implementation 2020”.


KESIMPULAN

Foto Anies raih piala mewarnai, konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Gubernur Anies Mengecat Atap Rumah Warga untuk Antisipasi Banjir

#Anies Baswedan ##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Bagikan