Hikmah Hidup Tanpa Listrik di Film 'Survival Family' Film Survival Family mengajarimu hidup tanpa listrik (Foto: scmp.com)

MASYARAKAT modern pastilah akan kesulitan hidup tanpa listrik. Ya, tanpa listrik aktivitas harian bisa terganggu. Tidak ada penerangan di malam hari, tidak bisa mengisi daya baterai ponsel pintar, hingga mengoperasikan benda elektronik lainnya yang menunjang kehidupanmu.

Namun, kamu tidak boleh punya pikiran tidak bisa hidup tanpa listrik. Walaupun zaman sudah modern, kamu harus tetap bisa bertahan hidup jika suatu saat listrik di dunia benar-benar padam. Hal itulah yang bisa kamu pelajari melalui film Jepang bertajuk Survival Family.

Baca juga:

6 Cara Cerdik yang Bisa Dilakukan untuk Minimalisir Tagihan Listrik

Film ini menceritakan pemadaman listrik yang terjadi di ibu kota Jepang, Tokyo. Warga Tokyo jadi kesulitan hidup karena adanya pemadaman listrik berkepanjangan. Begitupula keluarga Yoshiyuki Suzuki. Yoshiyuki bersama istri dan kedua anaknya harus bertahan hidup tanpa listrik.

Film besutan sutradara Shinobu Yaguchi ini menggambarkan banyak hikmah yang bisa kamu ambil seandainya listrik padam. Jadi jangan mengeluh ya kalau mengalami mati listrik. Simak nih manfaat hidup tanpa listrik di film Survival Family.

1. Belajar hal tradisional yang tak kalah bermanfaat dengan teknologi modern

Hal tradisional tidak kalah bermanfaat dengan teknologi modern (Foto: hollywoodreporter.com)

Tentu, perangkat elektronik dengan teknologi canggih akan mempermudah urusan manusia. Namun, film ini bisa mebuatmu tersadar teknologi secanggih apapun bisa jadi tak berarti tanpa adanya listrik. Sehingga kamu memang harus bersiap diri jika suatu saat listrik padam.

Yoshiyuki dan keluarganya akhirnya jadi bisa hidup dengan memanfaatkan hal tradisional yang ada di sekitar mereka. Contohnya ialah cara menyembelih hewan dan mengolahnya menjadi makanan. Jika dulunya keluarga mereka selalu mengandalkan makanan instan. Padamnya listrik jadi mengajari mereka bagaimana cara memasak. Bahkan mereka jadi belajar bagaimana menyalakan api menggunakan kayu.

2. Membuat keluarga jadi harmonis

Tanpa listrik, kamu jadi sadar bisa mendekatkan diri lagi dengan keluarga (Foto: lewtonbus.net)

Sebelum terjadi pemadaman listrik keluarga Yoshiyuki tidak harmonis. Yoshiyuki hanya menghabiskan waktu seharian dengan berbaring di depan televisi. Kedua anaknya juga terlalu sibuk memainkan gawai mereka. Sementara sang istri sibuk di dapur.

Baca juga:

Sumber Listrik Alternatif Paling Unik yang Pernah Ditemukan Manusia

Namun, mereka jadi tersadar, rupanya tanpa listrik mereka jadi lebih dekat. Ketika tidak ada listrik mereka jadi berkumpul dan memandang langit yang terang dari rumah mereka. Bahkan mereka jadi saling bahu membahu untuk bertahan hidup. Mereka berempat melakukan perjalanan ke pedesaan untuk mencari makanan agar bisa bertahan hidup. Ya, film ini benar-benar membuktikan bahwa keluarga merupakan segalanya.

3. Harus bisa hidup tanpa listrik

Tanpa listrik kamu bisa hidup kok (Foto: howardforfilm.com)

Inilah hikmah paling besar yang harus kamu ambil dari film ini. Ternyata manusia itu memang bisa hidup tanpa listrik. Hanya saja selama ini listrik sudah membuat kamu terlalu nyaman.

Seperti yang sudah disebutkan, Yoshiyuki dan keluarganya melakukan perjalanan ke desa Kagoshima. Desa ini merupakan desa yang mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan dan petani.

Di desa tersebut mereka jadi banyak mempelajari gaya hidup tradisional. Tanpa mereka sadari tanpa peralatan modern mereka juga bisa hidup.

Yuk sahabat Merah Putih ambil hikmah dari film Survival Family untuk kehidupanmu. (Ikh)

Baca juga:

Enggak bakal Mati Gaya, Hal-Hal ini Bisa Dilakukan saat Mati Listrik

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH