hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Hewan Peliharaanmu Bisa Ikut Liburan Juga Lho, Bahkan Sampai Luar Negeri Sekarang Bisa Bawa Hewan Peliharaan Ikut Liburan Ke Luar Negeri (Foto: Pixabay/3194556)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

LIBURAN harusnya menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi semua orang. Tetapi bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan pasti merasa sedih untuk meninggalkan hewan peliharaannya untuk dititip kepada orang lain atau di tempat penitipan hewan. Ketika terpisah dari hewan peliharaan, rasa khawatir pasti muncul karena takut mereka tidak terbiasa diurus oleh orang baru.

Baca juga:

Meninggalkan Peliharaan saat Pergi Liburan? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Berwisata dengan Hewan Peliharaan? Barang Ini Wajib Dibawa

Kamu tidak perlu bersedih lagi! Karena kini hewan peliharaan bisa ikut dibawa liburan, bahkan sampai ke luar negeri, asal kalian memiliki paspor hewan untuk peliharaanmu. Wah apa tuh? Apa saja sih yang perlu kamu siapkan sebelum membuat paspor hewan peliharaan? Yuk kita cek!

1. Usia Hewan

Hewan Peliharaanmu Bisa Ikut Liburan Juga Lho, Bahkan Sampai Luar Negeri
Usia hewan sekurangnya harus 2 minggu (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Hewan peliharaan yang bisa dibuatkan paspor sekurang-kurangnya berusia 12 minggu dan sudah divaksin rabies. Karena hewan pada usia ini sudah bisa diajari untuk nurut terlebih di dalam pesawat akan ada banyak orang sehingga hewan peliharaan pun sudah harus divaksin agar tidak membahayakan orang lain.

Dilansir dari pettravel.com, dalam mengajukan paspor hewan, kamu perlu menyerahkan buku kesehatan riwayat hewan peliharaan termasuk sertivikasi vaksin.

2. Pas Foto

Hewan Peliharaanmu Bisa Ikut Liburan Juga Lho, Bahkan Sampai Luar Negeri
Siapkan pas foto untuk paspor hewan (Foto: Pixabay/SarahRichterArt)

Tidak hanya paspor manusia saja yang memerlukan pas foto, hewan juga perlu. Kamu cukup foto hewan peliharaanmu dengan jelas menggunakan background putih. Gunakan foto terbaru agar tidak menghambat pemeriksaan hewan di imigrasi bandara nanti.

3. Surat Izin

Hewan Peliharaanmu Bisa Ikut Liburan Juga Lho, Bahkan Sampai Luar Negeri
Surat izin (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Selain buku riwayat kesehatan hewan peliharaan, kamu juga memerlukan surat izin membawa hewan ke luar negeri dari Dirjen Peternakan RI.

Hal ini dibutuhkan untuk memastikan hewanmu tidak terjangkit penyakit apapun dan dalam kondisi fisik yang bagus sehingga tidak tertular penyakit di luar negeri.

4. Microcip

Hewan Peliharaanmu Bisa Ikut Liburan Juga Lho, Bahkan Sampai Luar Negeri
Memasang cip pada hewan (Foto: Pixabay/12019)

Tenang, pemasangan cip pada hewan peliharaanmu tidak menyakitkan kok. Cip ini hanya akan ditanam di bawah kulit dan fungsinya untuk memudahkan dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan peliharaan ketika hendak dibuatkan paspor ataupun ketika sudah sampai di luar negeri.

Perlu diketahui beberapa negara mengharuskan hewan peliharaanmu untuk dikarantina selama beberapa hari untuk memastikan kondisi kesehatannya. Itu lah sebabnya pemasangan cip ini cukup penting. (mar)


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5