Hewan Peliharaan Bebas Kutu di Musim Hujan, Ikuti Cara Ini Kesejahteraan hewan peliharaan juga wajib diperhatikan saat musim hujan. (foto: pixabay/free-photos)

MUSIM hujan belum berakhir. Suasana dingin menyelimuti kita sepanjang hari. Pemilik peliharaan berbulu pastinya cukup khawatir dengan kesehatan hewan peliharaan kamu. Binatang rentan sakit di cuaca yang ekstrem apalagi jika memang asalnya dari wilayah dengan suhu tropis. Anjing dan kucing, misalnya, rentan terserang kutu terutama di musim hujan.

Seperti dilansir Petsworld.in, musim hujan memang memberikan dampak yang positif. Selain menurunkan suhu panas, hujan juga mampu menurunkan kadar polusi udara. Sayangnya, hujan juga bisa merugikan sebagian pemilik hewan peliharaan yang minim persiapan. Kenyamanan hewan peliharaan jadi taruhannya.

BACA JUGA: 5 Barang Unik di Situs Belanja Daring, Ternyata Cukup Fungsional

1. Bawa Masuk

kucing
Biarkan hewan berada di dalam rumah. (foto: pixabay/pikabum)

Jika tidak terdapat atap di teras rumah atau halaman belakang tempat hewan peliharaan biasa tidur, mau tidak mau kamu harus membawanya masuk ke rumah. Sediakan ruangan kering khusus untuk mereka tidur dengan nyaman. Bersihkan ruangan tersebut secara berkala. Kalau perlu, pel lantai dengan menggunakan cairan antiseptik.

2. Ganti Tempat Tidur

anjing
Ganti tempat tidur secara berkala. (foto: pixabay/vlaaitje)

Kamu wajib mengganti tempat tidurnya secara rutin. Cuci tempat tidur kotor dengan sabun antiseptik yang mampu membunuh kuman hingga 99% dan usahakan tidak mengandung pewangi. Hewan sangat sensitif dengan bau yang menyengat. Kamu juga perlu memastikan tempat tidur peliharaanmu terhindar dari basah dan lembap.


3. Antikutu

anjing
Siapkan perlengkapan antikutu. (foto: pixabay/lepale)

Bersiaplah membeli banyak peralatan antikutu untuk menghadapi musim hujan. Saat ini, banyak toko perlengkapan hewan yang menjual sampo, spray, bedak, dan kalung antikutu. Dijamin, hewan peliharaanmu aman dari gigitan si kutu.


4. Makanan dan Vitamin

kucing
Penuhi kebutuhan gizi. (foto: pixabay/birgl)

Saat musim hujan, kamu harus memperhatikan asupan gizi hewan peliharaanmu. Berikan makanan yang mengandung serat tinggi serta kaya akan vitamin. Dengan imunitas yang baik, tubuh mereka akan kuat melawan berbagai penyakit termasuk gigitan kutu. Hewan yang lemah bisa langsung drop dan kritis jika terserang kutu.


5. Konsultasi Dokter

anjing
Pastikan sudah divaksin antikutu. (foto: pixabay/12019)

Pastikan hewan peliharaanmu sudah divaksin antikutu sebelumnya. Kalau kebetulan ditemukan kutu yang hinggap, sebaiknya segera dilarikan ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan khusus.(mar)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH