Relasi
Hempaskan Patah Hati karena Cinta tak Berbalas Hempaskan saja rasa sedihmu. (foto: Unsplash/Clay Banks)

CINTA sih harusnya dua arah. Bukan kayak jalan bebas hambatan yang satu arah doang. Kalau terjadi cinta satu arah, itu namanya cinta tak berbalas. Duh, sakitnya.

Namun, sesakit-sakitnya cinta tak berbalas, masih ada aja nih yang rela bucin. Rela nunggu sambil ngarep cinta akan berbalas. Ketika kenyataan menghantam: cinta kamu bertepuk sebelah tangan, baru deh terasa perihnya hati. Ujung-ujungnya, malah jadi berlama-lama menikmati sakit hati.

BACA JUGA:

Tutorial Jadi Dokter Cinta di Tongkrongan Padahal Enggak Pernah Pacaran

Ya, ampun, jangan berlama-lama deh. HelloSehat menyebut stres karena patah hati bisa mengakibatkan jantung kamu bermasalah. Gejalanya hampir sama dengan serangan jantung. Ditambah Lagi, kamu bisa mengalami gangguan mental seperti depresi. Jadi ya, hempaskan aja deh patah hati karena cinta tak berbalas kamu dengan langkah-langkah ini.

1. Galau dan Nangis Maksimal

cry
Nangislah sampai jelek, tapi jangan kelamaan. (Foto: unsplash @kj2018)

Merasa sedih itu wajar. Yang enggak wajar tuh kalau sedihnya kelamaan. "Emosi dan rasa sakit karena melupakan cinta bertepuk sebelah tangan bisa terasa sangat mirip dengan putus dari hubungan yang sudah resmi," jelas Samantha Burns, seorang konselor kesehatan mental, pelatih kencan, dan penulis Breaking Up & Bouncing Back kepada Women's Health.

Jangan menyangkal perasaanmu, lebih baik nangis sepuas-puasnya. Ingat, setelah puas, kamu harus bisa berkomitmen dan berusaha untuk enggak lagi nangisin cinta tak berbalasmu.

2. Block dan Jangan Stalking

media sosial
Lakukan dengan ekstrem atau tidak sama sekali. (Foto: unsplash/@kate_torline)

Ini kebiasaan buruk banget nih, stalking. Sudah tahu enggak ada harapan, kamu masih aja suka stalking Instagram. Alhasil, kamu jadi makin sakit hati, apalagi saat lihat foto dia sama orang lain.

Lakukan dengan ekstrem: blokir kontak dia dan media sosialnya. Ambil waktu sebanyak mungkin untuk berusaha melupakan dia.

3. Curhat

teman
Bagi kesedihan dengan curhat. (Foto: unsplash @holliver)

Sedih jangan sendiri aja. Kalau ada anggota keluarga atau teman yang enak diajak curhat, kenapa enggak dibagi saja kesedihan kamu.

Melansir laman Teen Vogue, pulih dari patah hati bisa dilakukan dengan membicarakan tentang apa yang kamu lihat dalam diri orang itu, seberapa banyak kamu terluka, semua detail tanggal imajiner sempurna kamu, dan sebagainya. Keluarkan semuanya dalam satu gerakan, kemudian berkomitmenlah untuk melepaskannya.

"Ini dapat membantu kamu lebih memahami mengapa kamu merasa seperti itu, dan memungkinkan orang yang peduli tentang kamu mengetahui apa yang terjadi dalam hidup kamu. Mereka juga jadi tahu bahwa kamu mungkin membutuhkan dukungan ekstra saat ini," jelas Jane Mendle, seorang psikolog klinis, kepada Teen Vogue.

4. Kencan Aja

dating
Cari lagi yang baru lah. (Foto: unsplash @yogasdesign)

Bukan nyari pelampiasan ya. Namun, kamu memang harus coba mulai untuk buka hatimu untuk orang lain. Tidak perlu terburu-buru. Saat kamu sudah merasa nyaman dan siap, tapi jangan kelamaan juga ya, lakukanlah.

Download aplikasi kencan. Enggak selalu untuk cari pacar sih. Lewat aplikasi itu, kamu bisa bertemu teman baru. Kalau jodoh ya, bisa ketemu gebetan baru dan memulai hubungan baru.

Jangan biarkan si dia menutup kesempatan kamu untuk bertemu dengan orang lain. Jangan-jangan jodoh sudah di depan mata, tapi mata kamu masih terbutakan dengan cinta tak berbalasmu. Rugi banget.

5. Sibukkan diri dan Fokus

love slef
Cintai diri sendiri aja dulu deh. (Foto: unsplash @anniespratt)

Saat jatuh dalam kesedihan, kita cenderung lupa untuk menjaga diri sendiri. Coba gunakan waktu ini untuk kembali mencintai dan membahagiakan diri sendiri.

Carilah hobi baru, lakukan apa yang kamu belum sempat lakukan. Menyibukkan diri sendiri akan membantu kamu untuk mengalihkan pikiranmu dari mikirin si dia.

Cinta itu memang tidak selalu mulus. Dalam kehidupan ini, mana ada sih yang selalu baik-baik saja? Dalam kehidupan nyata, cinta itu tidak seperti yang digambarkan di drama-drama Korea atau novel romantis yang kamu baca.

Percaya deh, ada seseorang di luar sana untukmu. Hanya karena ditolak dan tak berbalas, tidak berarti kamu akan melajang selamanya. Ingat ya, hidup ini bukan hanya untuk pacaran. "Kita sudah lengkap dengan diri kita sendiri dan sebuah hubungan tidak seharusnya menjadi suatu hal yang melengkapi diri kita," kata Celestine Chua, penulis di website Personal Experience.

Jadi, yuk, hempaskan dengan kencang kesedihan cinta tak berbalas kamu.(Lev)

BACA JUGA:

Fakta Menarik Kucing Oyen yang Terkenal Barbar

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hanya Butuh 12 Jam, Penjualan Album Rose BLACKPINK Pecahkan Rekor
ShowBiz
Ketika Kue Macaron Menjadi Sebuah Medium Seni
Fun
Ketika Kue Macaron Menjadi Sebuah Medium Seni

Karya seni nan indah hadir di atas kue macaron.

LEGO x Nintendo Hadirkan Set Interaktif Konsol Legendaris
Fun
LEGO x Nintendo Hadirkan Set Interaktif Konsol Legendaris

Akan dipamerkan pada Agustus nanti.

Sukses Lewat NKCTHI, Story of Kale akan Segera Tayang
Fun
Sukses Lewat NKCTHI, Story of Kale akan Segera Tayang

Story of Kale akan mendalami sosok Kale.

5 Petasan Populer di Ramadan
Fun
5 Petasan Populer di Ramadan

Kamu pasti pernah main salah satunya.

Live Streaming Konten Horor Makin Digemari Warganet
ShowBiz
Live Streaming Konten Horor Makin Digemari Warganet

Konten Horor semakin banyak diminati oleh warganet, salah satunya konten explore yang merupakan kersama Bigo Live dan salah satu program di televisi swasta ternama

Ingin Kulit Bercahaya? Lakukan 3 Rutinitas ini Setiap Pagi
Fun
Ingin Kulit Bercahaya? Lakukan 3 Rutinitas ini Setiap Pagi

Ada tiga rutinitas pagi untuk mewujudkan kulit terlihat bercahaya dan sehat secara alami.

Wimar Witoelar Meninggal Akibat Sepsis, Apa Itu?
Hiburan & Gaya Hidup
Wimar Witoelar Meninggal Akibat Sepsis, Apa Itu?

Sebelum kritis hingga menghembuskan napas terakhir, Wimar dirawat karena mengalami sepsis.

Pemuda Sinarmas Rilis Single Debut 'Kebut Asmara'
ShowBiz
Pemuda Sinarmas Rilis Single Debut 'Kebut Asmara'

Single perdana Pemuda Sinarmas yang bertajuk Kebut Asmara dirilis di penghujung 2020.

Stussy dan Nike Luncurkan Produk Insulated dan Upcycled
Fashion