Harapan Erick Thohir Setelah Peresmian Revitalisasi Taman Pracima Tuin

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 22 Januari 2023
Harapan Erick Thohir Setelah Peresmian Revitalisasi Taman Pracima Tuin
PPeresmian Taman Pracima Tuin, Sabtu (21/1). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan Taman Pracima Tuin Puro Mangkunegaran yang telah direvitalisasi dana BUMN, Sabtu (21/1).

Peresmian secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Gusti Mangkunegoro X dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di lokasi taman. Hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Persis Solo bersama istrinya Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Direktur Persis Solo Kevin Nugroho dan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Puji Susi Pudjiastuti.

"Taman Pracima Tuin ini menjadi bagian menjadikan Solo sebagai salah satu tujuan wisata yang bisa berkelanjutan," kata Erick.

Baca Juga:

Mangkunegoro X Angkat Bicara Soal Bangunan Cagar Budaya Mangkunegaran yang Dirobohkan

Erick Thohir, pihaknya mengaku mengenal lama dan baik Gusti Mangkunegoro X. Kerja sama baik antara BUMN dan Mangkunegaran menghasilkan revitalisasi.

"Saya mengenal beliau sudah sangat lama karena hubungannya luar biasa ketika beliau pertama kali menata mempelajari profesionalisme. Bagaimana di bawah kepemimpinan beliau (Mangkunegoro X), Mangkunegara bisa kembali menjadi bagian membangun sejarah budaya Jawa," kata Erick.

Dia menegaskan, BUMN berkomitmen membantu revitalisasi untuk menjaga aset budaya Indonesia. Ini juga bisa meningkatkan ekonomi Kota Solo sektor wisata.

"Kita bisa membangun sebuah sejarah yang sudah berlangsung sekian lama yang tadinya tidak bisa dinikmati. Hari ini kita bisa menikmati (Taman Pracima Tuin) bersama-sama, tentu sebagai bangsa besar mempertahankan budaya," tegas dia.

Taman Pracima Tuin. (Foto: MP/Ismail)
Taman Pracima Tuin. (Foto: MP/Ismail)

Dia menegaskan, Taman Pracima Tuin ini bisa dilihat bagaimana membangun sebuah budaya untuk generasi muda. Terlebih generasi muda adalah aset bangsa berharga.

"Generasi muda kita yang kadang-kadang mereka tidak dekat dengan kebudayaan sendiri. Kita coba merajut kembali untuk para generasi muda yang merupakan masa depan bangsa kita dengan Taman Pracima Tuin," kata dia.

Baca Juga:

Dirobohkan, Bangunan Cagar Budaya Mangkunegaran Rata dengan Tanah

Gusti Mangkunegoro X menyatakan, Taman Pracima Tuin ini bentuk berkontribusi dalam menjawab tantangan di era globalisasi.

"Ini merupakan momen yang sangat membanggakan dan juga membahagiakan bagi kami seluruh keluarga kerabat Mangkunegaran," kata Mangkunegoro X.

Dikatakannya, revitalisasi ini sebagai wujud visi misinya untuk membangun wadah dan jembatan untuk mempertemukan antara masyarakat dengan Mangkunegara. Taman Pracima sekaligus sebagai pusat dan wadah ruang kebudayaan.

"Taman Pracima Tuin bisa menjadi tempat untuk pengenalan kebudayaan Mangkunegara ke masyarakat. Baik itu di bidang kuliner busana kesenian dan sebagainya," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Jokowi akan Hadiri Jalan Sehat 1 Abad NU di Mangkunegaran

#Erick Thohir #Mangkunegaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan