Mangkunegoro X Angkat Bicara Soal Bangunan Cagar Budaya Mangkunegaran yang Dirobohkan

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 13 Januari 2023
Mangkunegoro X Angkat Bicara Soal Bangunan Cagar Budaya Mangkunegaran yang Dirobohkan
Mangkunegoro X atau Gusti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Bangunan bersejarah yang dikenal dengan Dalem Tumenggungan di Jl Ronggowarsito, Kelurahan Timuran, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah rata dengan tanah.

Mangkunegoro X atau Gusti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo angkat duara terkait Dalem Tumenggungan, dengan menegaskan pihaknya belum bisa banyak berkomentar terkait yang terjadi di Eks Taman Putra atau Dalem Tumenggungan itu.

Baca Juga:

Dirobohkan, Bangunan Cagar Budaya Mangkunegaran Rata dengan Tanah

Meski demikian pihaknya bakal mengikuti kelanjutan informasi terkait peristiwa itu dengan berkoordinasi dengan Pemkot Solobdan Tim Cagar Budaya.

"Pengelolaan (Dalem Tumenggungan) dari pihak lain, jadi kita pantau dulu bersama Pemkot Solo," kata Mangkunegoro X, Kamis (12/1).

Ditanya soal Dalem Tumenggungan berkaitan dengan kejayaan masa Mangkunegaran VII, ia memastikan belum bisa banyak bicara soal itu.

Baca Juga:

Jokowi akan Hadiri Jalan Sehat 1 Abad NU di Mangkunegaran

"Saya belum bisa bicara terlalu banyak soalnya saya juga baru lihat di berita hari ini. Bagaimana dan sikap atau apapun itu kita lihat seperti apa nantinya," pungkasnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan bahwa persoalan itu jadi perhatian pemerintah. Menurutnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sudah meninjau lokasi tersebut untuk memberikan laporan terbaru pada dirinya.

"Waktu (DPUPR) Solo ketemu saya pengennya revitalisasi. Kami dikirimi foto wes ambruk, tapi kita jangan menyalahkan siapa-siapa dulu ya. Tunggu laporan masing-masing dinas. Ditunggu wae laporannya," tegas Gibran. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Puro Mangkunegaran Ramai Diserbu Wisatawan Imbas dari Pernikahan Kaesang-Erina

#Solo #Mangkunegaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan