Harapan Abu Bakar Ba'asyir di HUT ke-77 RI

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 17 Agustus 2022
Harapan Abu Bakar Ba'asyir di HUT ke-77 RI
Pendiri ponpes Al-Mukmin Ngruki Ustaz Abu Bakar Ba'asyir mengikuti upacara bendera HUT ke-77 RI di halaman ponpes, Rabu (17/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menggelar upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di halaman ponpes, Rabu (17/8).

Upacara yang pertama kali digelar sejak Ponpes Al-Mukmin, Ngruki berdiri ini diikuti langsung oleh pendiri ponpes Ustaz Abu Bakar Ba'asyir (ABB). Sedangkan sebagai inspektur upacara adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Baca Juga

Abu Bakar Baasyir Sudah Keluar Penjara Gunung Sindur

Pantauan MerahPutih.com, upacara dimulai pukul 07.15 WIB sampai pukul 08.00 WIB. Ba'asyir berjalan dengan tongkat dibantu santri menuju ke tenda yang telah tersedia kursi tamu undangan.

Upacara HUT ke-77 Ri di Ponpes Ngruki, Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/8). Foto: MP/Ismail

Selama berlangsungnya upacara Ba'asyir dengan duduk di kursi tampak khusuk mengikuti rangkaian upacara. Saat mengheningkan cipta dan pembacaan doa tampak mengikuti perintah inspektur upacara.

Pada awak media, Ba'asyir mengaku upacara bendera HUT ke-77 RI ini merupakan yang pertama diadakan Ponpes Al-Mukmin Ngruki.

"Upacara ini digagas oleh para alumni Ponpes Al-Mukmin Ngruki. Sejak ponpes berdiri baru sekali ini diadakan," ujar Ba'asyir, Rabu (17/7).

Ba'asyir menegaskan upacara ini merupakan bukti syukuran pada Allah. Terlebih sebagai negara sudah sepatutnya bersyukur pada Allah.

"Apa saja yang dikaruniai Allah harus kita balas dengan bersyukur, diwujudkan dengan upacara bendera 17 Agustus," katanya.

Baca Juga

Hirup Udara Bebas, Abu Bakar Ba'asyir Dikawal Densus 88 Hingga Sukoharjo

Ia menegaskan untuk saat ini Indonesia belum sempurna. Dia pun berharap pada saat nanti Indonesia akan diatur hukum dari Tuhan Yang Maha Esa supaya menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

"Harapan saya ke depan Indonesia menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Negara baik penuh keampunan dari Allah," tegas dia.

Ustaz Abu Bakar Ba'asyir. Foto: MP/Ismail

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku bersyukur upacara di Ponpes Al-Mukmin Ngruki berjalan lancar. Dengan momen ini berharap Indonesia bisa pulih dan segera bangkit untuk mempercepat agar Indonesia segera maju.

"Para santri Al-Mukmin terus belajar yang baik kalau dari segi karakter sudah tidak bisa diragukan, karena di sini pendidikan akhlak diutamakan," kata Muhadjir.

Ia menambahkan para santri juga harus menimba ilmu-ilmu umum dengan ilmu agama supaya bisa ikut berperan membangun negara. Dia juga mengajak santri untuk mengisi kemerdekaan. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Keluarga Akui Abu Bakar Ba'asyir Terima Pancasila sebagai Dasar Negara

#Abu Bakar Ba’asyir #HUT RI #Upacara HUT RI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan