Inspirasi

Hanya dari Hobi Jadi Pebisnis Ikan Cupang

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 13 November 2020
Hanya dari Hobi Jadi Pebisnis Ikan Cupang
Ikan cupang bisa menjadi bisnis menguntungkan (Foto: dok.Ramadhandy Arya Pradana)

JIKA sebuah pekerjaan yang berawal dari hobi akan memiliki peluang besar untuk mencapai kesuksesan. Karena seseorang akan lebih mencintai bidang usahanya sehingga hal yang dijalankan terasa menyenangkan. Salah satu hobi yang sedang trend saat ini adalah ikan hias jenis cupang.

Hanya dari ikan cupang ternyata bisa menjadi bisnis menguntungkan bagi pembudidayanya. Terutama di masa pandemi ini, banyak orang yang mengisi waktu luang untuk memfokuskan pada hobi. Salah satunya adalah memelihara ikan cupang. Ikan cupang selain bisa dijadikan hiburan bahkan dapat menghasilkan pendapatan. Sehingga banyak yang hobi ikan cupang menjadikan bisnis sebagai peluang kesuksesannya.

Baca Juga:

Kisah Anang Buchori Pengusaha Ikan Cupang yang Punya Omset Puluhan Juta

cupang
Bisnis ikan cupang tengah marak di tengah pandemi. (Foto: Unsplash/Haley Truong)

Salah satunya adalah Ramadhandy Arya Pradana pemuda asal Ciputat Tangerang Selatan ini sudah sekitar tiga tahun melakoni budidaya ikan cupang. Menurut AP, sapaan akrab pemuda 22 tahun ini, menjalankan budidaya cupang merupakan hobi. Berawal dari pelihara ikan lohan dan tertarik untuk membuat aquascape. Kemudian penasaran dengan ikan cupang, hingga tertarik untuk pelihara.

“Setelah pelihara beberapa ikan cupang. Penasaran juga dengan cara budidaya ikan cupang. Setelah berhasil, akhirnya kepikiran untuk dijadikan peluang bisnis karena merasa sudah terlalu banyak jumlah ikan yang dipunya,” kata AP.

Awalnya, AP menjalankan bisnis cupang hanya di rumah saja. Namun karena kegigihannya, AP mampu mendapat banyak keuntungan sehingga dapat membuat farm sendiri. Dia ingin fokus membesarkan bisnisnya ini. Dari membuat farm mungkin peternakan ikan cupangnya akan lebih dikenal oleh banyak orang.

Baca Juga:

Jepretan Ikan Cupang Memanjakan Mata, Begini Caranya

cupang
Ikan cupang yang sangat sedap dipandang mata. (Foto: Unsplash/Tim Mossholder)

"Lahannya juga lebih besar sehingga bisa menyimpan lebih banyak ikan cupang. Jadi ikan cupang yang ditawarkan lebih banyak. Dibanding sewaktu masih berada di rumah yang memiliki keterbatasan ruang," ungkap AP.

Meskipun sudah berhasil membuat farm sendiri, dia mengaku tidak mengejar dari segi omset. Berapapun yang di dapat tetap disyukuri. Meski begitu, AP tetap gigih dalam melakukan budidaya cupang agar dapat dipercaya sebagai peternak ikan cupang di Indonesia. Tujuannya saat ini untuk membesarkan farmnya sehingga bisnisnya bisa dikenal banyak orang dan dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

“Pernah mengalami naik turun, jatuh bangun tapi setiap mengalami kegagalan pasti berusaha untuk bangkit lagi. Kalau ternak tidak bisa dibilang untung dan rugi karena emang hasil ternak sendiri, bukan beli dari orang lain,” kata AP.

Pemasaran hasil budidayanya tidak hanya dari dalam kota saja. Dia melakukan pengiriman ke luar kota, bahkan sampai keluar negeri. Ini yang kemudian menjadi motivasi agar lebih giat lagi dalam membesarkan bisnis ikan cupang. (shf)

Baca Juga:

Pemain Pemula, ini nih Kisi-Kisi Perawatan Ikan Cupang

#November Berani Baru #Ikan Cupang #Ikan Hias
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan