Teknologi

Hacker Manfaatkan Bug Pada iOS, Bisa Masuk ke Aplikasi Mail Pengguna!

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 25 April 2020
Hacker Manfaatkan Bug Pada iOS, Bisa Masuk ke Aplikasi Mail Pengguna!
Sejumlah Hacker diduga memanfaatkan bug pada iOS (foto: pixabay/fotoart-treu)

SEBUAH startup keamanan bernama siber ZcOps baru-baru ini melaporkan keberadaan bug pada sistem operasi dari Apple, iOS. Bug tersebut dinilai bisa memungkinkan hacker untuk menyusup masuk aplikasi mail yang ada pada perangkat iPhone maupun iPad.

Seperti yang dikutip dari Phone Arena, iOS sebetulnya telah rentan terhadap bug, setidaknya sejak tahun 2012 silam saat iOS 6 keluar.

Baca Juga:

Berantas Penyusup, Zoom akan Hadirkan Fitur Report

iOS sebetulnya telah rentan terhadap bug, setidaknya sejak tahun 2012 (Foto: pixabay/kropekk_pl)

Tapi berdasarkan penelusuran, baru diekspos pelaku kejahatan siber di tahun 2018 dan masih ada hingga versi terbaru yaitu iOS 13. Dengan memanfaatkan bug tersebut, para hacker atau peretas bisa membaca, mengedit hingga menghapus email yang ada di aplikasi Mail. Para penggunanya pun disebut-sebut tak akan mengetahui aksi itu.

Metode yang digunakan oleh para hacker yakni mengirimkan email pada korbannya. Lalu usai email diterima, ZecOps mengatakan dalam beerapa kasus serangan langsung dilakukan tanpa input korban. Tapi ada kasus lain yang memerlukan si korban untuk melihat email terlebih dahulu.

Baca Juga:

Mengenal DuraXV Extreme, Ponsel yang Bisa Dicuci Pakai Sabun

Setelah berhasil menyusup, korban tidak akan menyadarinya karena email tersebut akan terhapus secara otomatis. Korban akan merasa menerima dan mengirim email seperti biasanya, tak ada keanehan terasa sedikitpun.

Apple akan memberikan solusi adanya bug pada iOS versi terbaru (Foto: pixabay/kropekk_pl)

Meski begitu, hacker atau peretas tak bisa memanfaatkan bug iOS untuk serangan massal. Dengan kata lain, si hacker harus menyusun email yang berbeda untuk masing-masing targetnya.

ZcOps mengungkapkan sudah ada beberapa target serangan. Seperti halnya karyawan di perusahaan dalam daftar Fortune 500, eksekutif perusahaan Swiss dan Jepang, termasuk firma keamanan asal Arab Saudi dan juga Israel. Dugaan ZcOps aksi serangan tersebut didukung sebuah negara.

Pihak Apple mengaku telah mengetahui hal ini, dan akan menghadirkan solusi lewat iOS 13.4.5 meski pengguna iOS beta telah memperolehnya.

Sebagai sebuah langkah antisipasi, para pengguna iOS bisa menonaktifkan terlebih dahulu aplikasi Mail dan menggunakan aplikasi alternatif lain. (ryn)

Baca Juga:

Rentan Peretasan, Begini Cara Hapus Akun Zoom

#Apple #Hacker
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan