Bahayanya Menghabiskan Akhir Pekan dengan Tidur Habiskan akhir pekan dengan tidur sepanjang hari sangat berbahaya (foto: pixabay/xiangying_xu)

SEBAGIAN orang menghabiskan akhir pekan dengan berkumpul bersama keluarga, traveling keluar kota, maupun menekuni hobi.

Namun, tak sedikit juga yang memilih menghabiskan akhir pekan dengan tidur sepanjang hari. Alasannya, untuk mengganti 'jatah' waktu istirahat yang hilang di awal pekan. Dalih lain, yakni rasa lelah karena aktivitas yang sangat padat setiap harinya.

Baca Juga:

Pemilihan Waktu Tidur yang Tepat Bisa Membakar Lemak? Ini Penjelasannya

Dr Gregory Carter, seorang spesialis di bidang sleep medicine di University of Texas Southwestern Medical Center, mengatakan tidur lebih lama di akhir pekan atau hari libur tak disarankan. Hal itu malah bisa membuatmu lebih mengantuk keesokan harinya. Demikian dilansir dari laman Go Dok.

Menghabiskan waktu dengan tidur di akhir pekan bisa menurunkan semangat kerja.(Foto: pixabay/darksouls1)

Hal itu disebabkan jam biologis tubuh dalam diri manusia. Jam biologis itu mengatur kapan waktu tidur, istirahat, dan bekerja. Apabila terlalu banyak tidur di akhir pekan, jam biologis tubuh serta kerja otak bisa terganggu. Akibatnya, semangat bekerja dan beraktivitas jadi kendur.

Jika semangat untuk bekerja dan beraktivitasmu menurun, tentunya produktivitas kamu pun akan menurun. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa kehilangan pekerjaan.

Baca Juga:

Manfaat Tersembunyi Dibalik Nasi Putih Dingin, Cocok Untuk Penderita Diabetes

Sebagai pengganti 'jatah tidur' yang hilang, kamu bisa tidur lebih awal dan beristirahat total selama 8 jam di akhir pekan.

Dalam hal ini, istirahat bukan berarti tidur. Kamu melakukan aktivitas ringan yang bisa menyegarkan kembali otak dan tubuh. Sebagai contoh, kamu bisa menonton TV, membaca novel maupun mendengar musik.

Perhatikan jam biologis si kecil, agar tubuh segar keesokan hari.(Foto: pixabay/darksouls1)

Namun, hal lain berlaku bagi si kecil. Guna menjaga jam biologis tubuhnya, kamu tetap mengharuskan mereka tidur pada waktu yang sama dengan hari sekolah.

Pola tidur yang selaras akan membuat tubuh si kecil segar dan tak akan merasa kelelahan keesokan harinya.

Karena itu, ajaklah si kecil untuk mengisi akhir pekan dengan beraktivitas ringan di luar ruangan. Kamu bisa mengajak si kecil untuk melakukan berbagai kegiatan yang mengasyikkan dan bisa memacu semangat. Kamu bisa memilih kegiatan berenang, outbound, maupun berkemah di halaman rumah.

Kegiatan itu bisa melatih kemandirian, motorik anak, dan meningkatkan kepercayaan diri. (ryn)

Baca Juga:

Tidur Terlalu Lama Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele!

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH