Wisata Dunia

Gundam Real Life di Jepang Ditenagai Energi Angin

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 26 September 2021
Gundam Real Life di Jepang Ditenagai Energi Angin
Gundam di dunia nyata. (Foto: Twinfinite)

MASIH ingat dengan replika Gundam setinggi 18 meter di Yokohama, Jepang? Gundam di dunia nyata ini ternyata bisa bergerak karena ditenagai pembangkit listrik tenaga angina Hama Wing Yokohama City sejak Mei lalu.

Seperti dikabarkab ANTARA, fasilitas tersebut melaporkan saat ini menghasilkan nol emisi karbon dari listrik. Evolving G Corporation yang menjalankan Gundam Factory Yokohama mengatakan pihaknya ingin meningkatkan kesadaran publik tentang perlunya beralih ke sumber energi terbarukan dengan berkolaborasi tidak hanya dengan pemerintah daerah, tetapi juga dengan industri hiburan.

Perusahaan ini berkolaborasi dengan perusahaan listirk Minna Denryoku, yang menggunakan teknologi blockchain untuk melacak penggunaan listrik. Sistem mengeluarkan token setiap 30 menit sesuai dengan jumlah listrik yang dihasilkan dan jumlah yang diminta. Pembangkit listrik kemudian memasok jumlah daya yang sesuai dengan klien.

Baca juga:

Wisata Gundam ‘Real Life’ di Jepang Dibuka Desember 2020

Gundam Real Life di Jepang Ditenagai Energi Angin
Memiliki tinggi 18 meter. (Foto: Japan Reference)

Tingkat energi terbarukan 100 persen dicapai dengan membeli sertifikat non-fosil untuk listrik feed-in tariff (FIT), yang menjalin ketika transaksi nol emisi karbon telah diberlakukan.

Sebagai langkah untuk mendukung investasi sumber energi terbarukan,Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang menetapkan harga tetap listrik yang dibayarkan kepada produsen energi terbarukan.

Bandai Namco Group bertujuan untuk mencapai pengurangan 35 persen emisi karbon pada 2030 dan emisi nol bersih pada 2050. Ini bertujuan untuk menerapkan teknologi hemat energi dan berkelanjutan baru di semula fasilitas hiburan, pabrik, ruang kantor, dan area lainnya.

Baca juga:

Gundam, Nyata di Yokohama

Kelompok ini mengumumkan proyek keberlanjutan Gundam Universal Century Development Action pada Juni, yang bertujuan untuk mengatasi masalah berkaitan dengan populasi manusi dan lingkungan bumi dengan platform ide-ide, serta teknologi baru.

Bandai Namco saat ini memiliki tiga patung Gundam seukuran aslinya yang dipamerkan. Patung RX-0 Unicorn Gundam yang ‘mengubah’ ukuran aslinya dari anime Mobile Suit Gundam Unicorn memulai debutnya di kompleks Diver City Tokyo pada September 2017.

Sunrise kemudian meluncurkan patung RX-78-2 Gundam yang bisa bergerak, diadaptasi dari anime Mobile Suit Gundam pertama di Yokohama pada 19 Desember. Patung ZGMF-X10A Freedom Gundam dari Mobile Suit Gundam Seed memulai debutnya di Shanghai pada 28 Mei. (and)

Baca juga:

Instalasi Seni Cahaya Warna-Warni di Taman Kairakuen Jepang

#Wisata #Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan