Gua Kaltbach untuk Mematangkan Keju

Leonard Leonard - Senin, 13 April 2020
Gua Kaltbach untuk Mematangkan Keju
Keju disimpan di goa sepanjang lebih dari 1,6 kilometer. (Foto: pressfrom)

KEJU Emmi Le Gruyère banyak dikonsumsi di Eropa. Namun jarang yang tahu bahwa proses pematangan kejunya menggunakan lingkungan sebuah gua di Swiss.

Goa Kaltbach yang terbentuk dari dasar laut prasejarah yang lokasinya dekat dengan Lucerne, Swiss. Kondisi gua itu dingin sangat cocok untuk pematangan keju. Terdapat sekitar 156 ribu roda keju, terutama gruyère dan emmentaler, disimpan di goa yang membentang lebih dari 1,6 kilometer.

Baca juga:

6 Varian Keju Manca Negara yang Lezat

1
Pertama kali digunakan sebagai ruang proses penuaan keju pada tahun 1953 (Foto: theglobeandmail)

Suhu yang sempurna sekitar 10 derajat celcius sepanjang tahun di dalam Goa Kaltbach, sangat ideal untuk melakukan proses penuaan keju. Sungai yang mengalir melalui gua menjaga tingkat kelembaban sekitar 96 persen. Selain itu, iklim alami dan endapan mineral gua memberikan proses penuaan yang unik. Kemudian proses ini juga memberikan rasa, aroma, dan keju khas Emmi pada kulit coklat tua yang khas. Setiap roda keju disimpan di dalam gua selama minimal sembilan bulan sampai memiliki aroma dan tekstur yang tepat.

Merawat keju adalah pekerjaan yang penting, dan cavemaster Gua Kaltbach adalah ahli dalam seni penyempurnaan keju. Mereka bekerja melakukan pembalikan, pencucian, dan menyikat setiap roda keju dengan larutan air garam khusus. Menurut laman Atlas Obscura, pekerjaan itu adalah pekerjaan yang ditransfer turun-temurun dari cavemasters Kaltbach.

Gua ini pertama kali digunakan sebagai ruang untuk proses penuaan keju pada tahun 1953. Ketika itu pembuat keju lokal kehabisan ruang penyimpanan dan mulai menyimpan keju mereka di Kaltbach. Gua itu kemudian diakuisisi oleh perusahaan bernama Emmi pada tahun 1993. (lgi)

Baca lagi:

5 Keju Dengan Harga Paling Fantastis Di Dunia

#Keju #Swiss
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan