Google Chrome Vs Firefox, Manakah Browser Terbaik? Setiap browser memiliki kelebihan masing-masing (Foto: Pexels/Negative Space)

TENTU kamu sudah tidak asing dengan kedua peramban web ini. Google Chrome dan Firefox ialah peramban web favorit yang digunakan oleh pengguna internet. Mungkin sekilas kedua peramban web ini terlihat sama. Fungsinya memang sama, untuk keperluan browsing internet. Tapi adakah perbedaan dari kedua peramban web ini?

Sebenarnya masing-masing peramban web ini memiliki kelebihan masing-masing. Baik kamu menggunakannya melalui android atau desktop. Nah, jadi sebenarnya lebih bagus Firefox atau Google Chrome sih?

1. Google Chrome, si cepat dan aman

google chrome
Google Chrome memiliki layanan keamanan untuk pengguna (Foto: Pexels/Deepanker Verma)

Pengguna Chrome memilih browser ini karena sederhana dan cepat. Chrome untuk Android adalah edisi Google Chrome yang dirilis untuk sistem Android. Chrome Beta untuk Android 4 diluncurkan pada 7 Februari 2012 untuk sejumlah negara terbatas. Kemudian, versi stabil pertama muncul pada 27 Juni 2012.

Chrome enggak banyak berubah selama bertahun-tahun, tetap sederhana dan cepat. Browser yang satu ini terintegrasi dengan semua layanan dan aplikasi Google yang kamu gunakan. Misalnya bookmark yang sama dan melihat tab browser yang sama. Lalu jika kamu sudah menyiapkan profil di akun Google (di Chrome pada perangkat lain), kamu akan melihat semua profil tersebut muncul di sana.

Baca Juga : Aplikasi Android yang Sebaiknya Kamu hapus, Nomor 3 Paling Bahaya!

Apalagi Chrome dilengkapi dengan fitur keren, yaitu penghemat data. Sehingga berguna banget kalau paket data yang kamu miliki terbatas. Sebabnya, penghemat Data memungkinkan Google menempatkan halaman yang dapat mengurangi bandwidth yang kamu gunakan. Fitur keren lainnya dari Chrome ialah mode penyamaran, ketuk untuk mencari, bookmark, hingga penyaringan iklan.

2. Firefox, si cepat dan privasi

firefox
Firefox mengedepankan privasi pengguna (Foto: Pixabay/Gustavo_Belemmi)

Firefox untuk Android ialah pembuatan browser web Mozilla Firefox untuk perangkat seperti smartphone dan komputer tablet. Pada awalnya, Firefox untuk Maemo Beta 5, dirilis pada tahun 2009. Ini adalah rilis pertama yang memiliki branding resmi Firefox, dengan nama dan logo Firefox. 21 Juni 2011, Firefox akhirnya mendukung Android 2.0.

Pengguna Firefox bukan berarti memutuskan hubungan dari akun Google. Kamu enggak perlu khawatir tentang hal itu karena kamu dapat dengan mudah masuk ke akun Google. Lalu, apa yang membuat Firefox berbeda dengan Chrome? Firefox memiliki kontrol privasi yang lebih dapat disesuaikan dan lebih mudah dengan beberapa mesin pencari.

Kabar baiknya update Firefox terbaru datang dengan kinerja yang lebih baik dan lebih cepat dari versi yang lebih lama. Salah satu fitur yang mengedepankan privasi pengguna ialah fitur "Do Not Track Privacy".

3. Keduanya sama-sama cepat

perbandingan browser
Intinya keduanya sama-sama cepat (Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company)

Bukan berarti juga kamu harus menjadi pengguna sejati Firefox atau Google Chrome. Keduanya tetap bisa kamu gunakan berdasarkan keperluan. Lagipula bisa saja salah satu peramban web ini sedang down. Jadi kamu tetap bisa menjadikan salah satu peramban sebagai alternatif. Pada intinya kedua peramban web ini ialah paling terbaik untuk browsing saat ini, dan sama-sama cepat.

Jadi Sahabat Merah Putih lebih sering menggunakan Chrome atau Firefox? (ikh)

Baca juga: Melancong Jangan Tertipu Foto Editan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo