Godok-godok Gorengan Spesial Khas Bengkulu Godok-godok cocok untuk teman kopi. (Foto: Instagram@meutia_12)

SUKU Rejang merupakan salah satu suku bangsa di Pulau Sumatera. Suku Rejang mayoritas menghuni wilayah Provinsi Bengkulu, sebagian di Sumatera Selatan.

Ada beberapa kuliner terkenal dari Suku Rejang. Di antaranya lemea makanan fermentasi ikan dan rebung, serta godok-godok.

Godok-godok merupakan makanan jenis gorengan dari pisang. Godok-godok dibuat dari pisang yang dicampur terigu dan kelapa parut.

Adonan pisang, kelapa, dan terigu diaduk dengan air secukupnya hingga mengental. Adonan tersebut kemudian digoreng.

Godok-godok dengan kopi hitam. (Foto: Instagram/anyes_panggabean)
Godok-godok dengan kopi hitam. (Foto: Instagram@anyes_panggabean)

Godok-godok merupakan makanan yang juga ditemukan di daerah lain seperti Banten. Bedanya beberapa tidak menggunakan kelapa.

Cara pembuatan godok-godok yaitu pisang pertama-tama dilumatkan. Kemudian diberikan bumu garam dan gula, setelah itu baru jadikan adonan bersama terigu dan kelapa parut, terakhir digoreng hingga berwarna kekuningan.

Godok-godok. (Foto: Instagram/monalisa_christine)
Godok-godok. (Foto: Instagram@monalisa_christine)

Pisang yang digunakan godok-godok pada awalnya pisang goroah. Karena keberadaanya semakin langka sekarang bahan pisang diganti dengan jenis lain.

Godok-godok sekarang tidak hanya menjadi pengananan Suku Rejang. Penganan ini juga populer di daerah-daerah lain hingga ke Jakarta. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bumbu-bumbu Pemberi Rasa Pedas, Cabai Urutan Pertama

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH