Bumbu-bumbu Pemberi Rasa Pedas, Cabai Urutan Pertama Bumbu rempah-rempah yang memiliki rasa tajam. (Foto: Pixabay/babawawa)

CABAI menjadi bumbu yang tidak bisa dilepaskan dari kuliner Indonesia. Salah satu bukti ditemukan beragam jenis sambal di setiap daerah.

Rasa pedas ternyata bukan hanya milik cabai. Ada banyak bumbu pedas sebagai pengganti atau campuran pedas supaya lebih bervariasi.

Terutama ketika harga cabai melonjak tinggi, bumbu pedas lain bisa jadi alternatif. Berikut Merahputih.com sajikan 5 bumbu-bumbu pemberi rasa pedas.

1. Cabai

Cabai. (Foto: Pixabay/Meditations)
Cabai. (Foto: Pixabay/Meditations)

Cabai merupakan bumbu penghasil rasa pedas paling pertama. Cabai tidak tergantikan untuk beberapa jenis makanan sebagai penguat rasa.

2. Lada

Lada. (Foto: Pixabay/congerdesign)
Lada. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Lada merupakan bumbu penting penghasil rasa pedas, baik lada hitam atau pun lada putih. Pedas yang dihasilkan lada cenderung panas.

Baca pula artikel: 4 Sehat 5 Sempurna sudah Kuno, kini Zamannya Pedoman Gizi Seimbang

3. Jahe

Jahe. (Foto: Pixabay/congerdesign)
Jahe. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Jahe juga pemberi rasa pedas walaupun lebih rendah ketimbang lada. Rasa pedas-hangat pada jahe sangat cocok untuk bahan beberapa sambal.

4. Pala

Pala. (Foto: Pixabay/scym)
Pala. (Foto: Pixabay/scym)

Pala juga merupakan salah satu komoditas perdagangan andalan Indonesia selain lada. Lada memberika rasa pedas dalam kadar rendah seperti bumbu pada sup.

5. Paprika

Paprika. (Foto: Pixabay/Pexels)
Paprika. (Foto: Pixabay/Pexels)

Paprika di beberapa daerah tidak dikenal luas. Paprika merupakan jenis terong-terongan yang bisa mengganti cabai ketika menginginkan rasa pedas sedikit manis. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Mie Babat Tasik, Dijamin Kecanduan

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH