Teknologi

Gen Z Bangkitkan Pamor Pinterest

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 02 November 2023
Gen Z Bangkitkan Pamor Pinterest
Pinterest pecah rekor berkat Gen Z. (Foto: Unsplash/Dima Solomin)

PINTEREST, media sosial yang berfokus pada gambar, memecahkan rekor dengan pengguna bulanan aktif tertinggi pada Senin 30 Oktober 2023. Jumlah pengguna aktifnya mencapai 482 juta pada kuartal ketiga tahun 2023.

Pinterest mengatakan bahwa pertumbuhan pengguna sebagian besar didorong oleh pengguna Gen Z sebagai pengguna dengan pertumbuhan tercepat dan paling aktif di platform ini.

Melansir data gizmodo, pengguna aktif bulanan Pinterest tumbuh lebih dari 7%. Ini karena mood gen z yang ber-ubah-ubah dan visi Pinterest itu sendiri.

Manajemen Pinterest melihat, "Pasar produk yang kuat sesuai dengan kelompok kami baru-baru ini, yang menyimpan konten dua kali lebih banyak pada tahun pertama mereka di Pinterest, dibandingkan dengan kelompok yang lebih tua.” Demikian kata mereka seperti tersua di gizmodo.

Baca juga:

Pinterest Larang Iklan Diet, Ada Apa?

Pengguna bulanan mencapai 482 juta. (Foto: Unsplash/Souvik Banerjee)
Pengguna bulanan mencapai 482 juta. (Foto: Unsplash/Souvik Banerjee)

Pinterest mengungkapkan bahwa Gen Z merupakan 42 persen dari total penggunanya. Mereka menyebut demografi tersebut sebagai "pembangkit tenaga listrik yang sedang naik daun."

Menurut Reuters, saham Pinterest melonjak 17% pada hari Selasa setelah kinerja kuartalan yang kuat. Jika Gen Z ada di platform ini, itu berarti para pengiklan juga ada di platform ini, dan hal ini membuat Wall Street senang.

Fitur 'Shop The Look' dari Pinterest memungkinkan pengguna untuk menerima iklan untuk produk gaya hidup yang sesuai dengan suasana papan Pinterest mereka.

Sekitar 70% dari produk yang direkomendasikan di Pinterest sangat relevan menurut penilaian pengguna. Ini menunjukkan perkembangan yang kuat dari produk periklanan Pinterest.

Gen Z menggunakan Pinterest untuk mencari inspirasi fesyen. Beberapa merek telah berhasil menarik perhatian mereka.

Pendiri jemana fesyen internet bernama Jaded London rutin membuka Pinterest untuk memprediksi tren untuk pemuda di bawah usia 25 tahun.

Baca juga:

Pinterest Membeli Perusahaan Startup Kecil untuk Beriklan

Gen Z menggunakan Pinterest untuk mencari inspirasi fesyen. (Foto: Unsplash/Charles Deluvio)
Gen Z menggunakan Pinterest untuk mencari inspirasi fesyen. (Foto: Unsplash/Charles Deluvio)

Merek-merek mewah seperti Dior dan Louis Vuitton juga nongol di platform ini dan mencoba memanfaatkan keunikan Pinterest dalam pikiran kolektif Gen Z.

Beberapa platform berbasis iklan, seperti Meta dan Amazon, telah melaporkan pendapatan iklan digital yang sangat kuat pada kuartal ini, yang menunjukkan bahwa iklan telah kembali setelah kemerosotan akibat pandemi.

Pinterest tampaknya yakin bahwa mereka dapat memanfaatkan tren industri ini dengan menargetkan pengguna Gen Z.

Perusahaan ini meluncurkan Direct Links di Q3, yang membawa pengguna langsung dari visi mereka ke situs web pengecer hanya dengan satu klik.

Pinterest mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan lebih banyak tools untuk pengiklan pada 2024 agar dapat menyertakan lebih banyak iklan di platform. (aqb)

Baca juga:

Kini Anda dapat Download Aplikasi iOS dari Pinterest

#Pinterest #Media Sosial #Tren Media Sosial
Bagikan
Bagikan