Pinterest Larang Iklan Diet, Ada Apa?

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 06 Juli 2021
 Pinterest Larang Iklan Diet, Ada Apa?
pinterest larang iklan diet (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

BARU-BARU ini platform media sosial Pinterest mengucapkan selamat tinggal pada iklan penurut berat badan atau diet. Aturan tersebut dinilai sangat mengejutkan, karena Pinterset merupakan platform media sosial ternama yang pertama melakukannya.

Mengenai hal itu, Asosiasi Ganguan Makan Nasional (National Eating Disorders Association) memandu Pinterest dalam memperbarui kebijakannya. Hal itu seiring dengan meningkatnya pencarian makanan sehat, gaya hidup sehat, serta tips kebugaran dalam setahun terakhir.

Baca Juga:

Mengenal DentalSlim Diet Control, Alat Penurun Berat Badan Kontroversial

"Banyak orang menghadapi tantangan terkait citra tubuh dan kesehatan mental, terutama saat kita keluar dari pembatasan COVID," kata Sarah Bromma, kepala kebijakan perusahaan, dikutip dari NPR.

Larangan diet akibat banyaknya orang yang merasakan tekanan tambahan karena berat badan yang tidak ideal (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Lebih lanjut Sarah menjelaskan, bahwa saat ini orang-orang merasakan tekanan tambahan, untuk bergabung kembali dengan lingkaran sosial mereka secara langsung untuk pertama kalinya dalam setahun.

Seperti yang dilansir dari laman Antara, Pinterest bukanlah satu-satunya perusahaan yang membatasi iklan dan konten penurun berat badan. Instagram dan Facebook pun menekan iklan untuk diet dan produk penurun berat badan pada 2019, tapi Pinterest yang pertama melarang iklan tersebut sepenuhnya.

Langkah tersebut merupakan perluasan dari larangan Pinterest yang ada pada iklan berisi gambar penurun berat badan, seperti sebelum dan sesudah, prosedur penurunan berat badan, pil penekan nafsu makan. Namun, iklan yang mempromosikan gaya hidup sehat serta layanan kebugaran akan tetap ada.

Baca Juga:

Diet Aman dan Sehat Ala Dokter Reza Gladys

Pinterest melarang penuh iklan diet di platformnya (Foto: pixabay/firmbee)

Sedikit informasi, Pinterest merupakan situs media sosial tempat pengguna bisa menyimpan gambar dekorasi, resep, mode, ide kerajinan yang di kurasi.

Pada dasarnya, Pinterest merupakan pinboard virtual. Di mana pengguna bisa mencari hampir semua topik dan menemukan ribuan gambar, untuk dijadikan penanda sebagai inspirasi.

Menurut laporan dari platform manajemen media sosial HootSuite, Pinterset merupakan platform ke-14 yang paling banyak digunakan di dunia. Basis pengguna pinterset lebih cenderung ke kalangan muda serta perempuan. Adapun usia penggunanya berusia antara 25-34 tahun.

Pinterest mempunyai riwayat pemantauan ketat terkait konten yang menampilkan pesan berbahaya. Pengguna yang mencari kata kunci terkait dengan gangguan makan, bunuh diri serta masalah kesehatan mental, akan dialihkan pada sumber daya pemulihan atau kesehatan mental.

Namun, gambar penurunan berat badan atau diet, bukan satu-satunya koten yang dibatasi dari layanan iklan platform ini. Pinterest pun melarang iklan untuk obat-obatan, tembakau, spesies langka, layanan ilegal, konten dewasa, serta bahasa yang terlalu menyinggung. (Ryn)

Baca Juga:

Mengenal Perawatan Kulit Picosure Laser di Klinik Glafidsya Medika

#Teknologi #Pinterest #Larangan Beriklan #Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan