IFW 2023

'Gems of Gorontalo' Perkenalkan Sulam Karawo di IFW 2023

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Senin, 27 Februari 2023
'Gems of Gorontalo' Perkenalkan Sulam Karawo di IFW 2023

PARADE busana show kedua pada hari terakhir Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 menampilkan busana-busana rancangan para desainer asal Gorontalo. Bertajuk "Gems of Gorontalo", pergelaran busana ini kental dengan nuansa Gorontalo yang tampak melalui wastra otentik asal Gorontalo, yaitu sulam Karawo.

Sulam Karawo ibarat permata Gorontalo, seperti nama temanya. Warna-warnanya indah dan fungsinya yang kaya membuatnya dapat dikenakan untuk aktivitas sehari-hari dan acara formal.

Sesi kedua IFW 2023 ini menghadirkan 13 perancang dan menampilkan 120 busana yang terbuat dari kain khas Gorontalo.

Melalui pergelaran ini, para desainer ingin lebih memperkenalkan kain sulam Karawo kepada masyarakat. Kain sulam ini relatif jarang diketahui masyarakat Indonesia.

Baca juga:

Finalis IYFDC Tampilkan Karya Terbaik di Runway IFW 2023

yurita fuji
Yurita juga menekankan pentingnya kesejahteraan bagi pengrajin kain sulam Karawo. (Foto: KamiBijak/Evan Andraws)

"Ingin sekali dengan momentum ini menjadikan Karawo lebih terkenal dan ini akan berdampak pada desainer dan pengrajin Gorontalo," ujar Isnawati, perancang busana asal Gorontalo saat jumpa media di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (26/7).

Para desainer tak ingin berpuas memperkenalkan sulam Karawo di tingkat nasional melalui IFW 2023, tapi juga ingin membawanya ke tingkat internasional. Seperti dilakukan oleh Yurita Puji lewat karyanya yang telah sampai ke New York, Amerika Serikat.

Yurita juga menekankan pentingnya kesejahteraan bagi pengrajin kain sulam Karawo. "Saya berharap dapat sangat berdampak bagi para pengrajin, terutama untuk kesejahteraan pengerajin," sebut Yurita.

Yurita juga bilang bahwa perancang harus bisa mengemas Sulam Karawo dengan baik agar kain itu dapat diterima oleh masyarakat.

Baca juga:

Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara Tampilkan Koleksi ‘Tanah Anoa’ di IFW 2023

male voice
Grup penyanyi kawakan Male Voice mengenakan busana indah dari Sulam Karawo. (Foto: KamiBijak/Evan Andraws)

Kerja memperkenalkan Sulam Karawo ini butuh keterlibatan banyak pihak. Termasuk dari pemerintah. Keterlibatan dari pemerintah tampak dari kehadiran mereka di acara ini. Antara lain Penjabat Gubernur Provinsi Gorontalo Ir. Hamka Hendra Noer, Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Ketua Dekranasda Gorontalo Mariyati Modanggu Mohammad, Ketua Dekranasda Kabupaten Pohuwatu Selvi Mbuinga Monoarfa, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo Dian Nugraha.

Grup penyanyi kawakan Male Voice, yang mengenakan busana indah dari Sulam Karawo, turut memperkuat nuansa Gorontalo pada hari terakhir IFW 2023. Mereka mengguncang show dengan melantunkan lagu asal Gorontalo berjudul "Binte Biluhuta" dan single hits-nya "Putri Biru" yang membuat tetamu bersorak heboh. (mro)

Baca juga:

IYFDC 2023 Kembali Lahirkan Perancang Busana Muda di Indonesia

#IDFW 2023
Bagikan
Bagikan