Gemblong Si Kenyal Manis dari Banten Gemblong disajikan dengan gula merah. (Foto: Instagram@masakanbecca)

BANTEN punya banyak makanan tradisional patut dicoba. Salah satu paling terkenal yaitu gemblong yang bercita rasa manis gurih.

Gemblong merupakan jenis jajanan pasar sebesar setengah kepalan orang dewasa. Berwarna cokelat berasal dari gula merah cair.

Hingga saat ini asal usul gemblong masih diperbebatkan. Salah satu daerah yang ditemukan gemblong yaitu Banten, tepatnya Kota Cilebon.

Gemblong juga ditemukan di Betawi (Jakarta), Jawa Barat, dan Jawa Timur. Di Jawa Timur, makanan ini disebut getas dengan bahan utama ketan hitam.

Gemblong. (Foto: Instagram/keziaameliaviolin)
Gemblong. (Foto: Instagram@keziaameliaviolin)

Gemblong dari Banten berbahan utama beras ketan putih yang dimasak nasi. Nasi ketan dicampur parutan kepala kemudian ditumbuk hingga menyatu dan padat.

Ketan yang telah ditumbuk ini kemudian dibentuk bulat lonjong. Gemblong mentah ini kemudian masak kembali dengan cara digoreng lalu dilapising dengan gula aren.

Gemblong bertekstur kenyal dan empuk di bagian dalam. Lapisan manis di luar bercampur dengan rasa gurih di dalam.

Gemblong. (Foto: Instagram/ titins19)
Gemblong. (Foto: Instagram@titins19)

Sementara gemblong di daerah Pandeglang dibikin pipih sebesar dua telapak tangan kemudian dipotong-potong. Gemblong di daerah ini diolah tanpa pemanis, disajikan bersama semur daging atau tape ketan. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Bistik Daging Keraton, Sajian Favorit Sultan Yogyakarta

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH